Beranda Berita Subang Bupati dan Wabup Hadiri Pagelaran Wayang Golek 7 Dalang dan 5 Sinden...

Bupati dan Wabup Hadiri Pagelaran Wayang Golek 7 Dalang dan 5 Sinden Dalam Pekan Kebudayaan Daerah

Bupati dan Wabup Hadiri Pagelaran Wayang Golek 7 Dalang dan 5 Sinden Dalam Pekan Kebudayaan Daerah

Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri Pagelaran Wayang Golek 7 Rampak Dalang dan 5 Sinden bagian dari Pekan Kebudayaan Daerah yang bertempat di Lapang Bintang Subang, Selasa (30/05).

Dalam laporannya Abah Uyay selaku Ketua Pepadi Subang menyatakan rasa bangganya karena baru kali ini Pepadi Subang bisa menyambangi Rumah Dinas Bupati Subang atas undangannya.

Pada kesempatan tersebut juga ia menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih oleh Pepadi Subang sekaligus menghaturkan terima kasih karena Pepadi Subang dipercaya untuk mengisi Pekan Kebudayaan HUT ke-75 Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan cinderamata berupa wayang golek dari Pepadi Kabupaten Subang kepada Bupati dan Wakil Bupati Subang didampingi oleh Sekretaris Daerah dan Kadisdikbud Kabupaten Subang sebagai ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Daerah pada kemajuan seni di Kabupaten Subang.

BACA JUGA:  Kemarau Tiba, PT DAHANA Berikan Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 2 Cibogo

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mewakili Bupati Subang menyampaikan rasa syukurnya atas dilaksanakannya pesta rakyat setelah sebelumnya dilarang akibat adanya pandemi Covid-19.

Ia mengatakan bahwa Pekan Kebudayaan Daerah tersebut merupakan rangkaian HUT ke-75 Kabupaten Subang yang digagas oleh Bupati Subang untuk mempersembahkan gelaran kesenian yang bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Subang sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya khas Sunda.

BACA JUGA:  Mengenal ARD, Profil Calon Bupati Subang Sosok Pemimpin Muda

Ia juga menyempaikan rasa bahagianya melihat antusiasme masyarakat Subang terlebih generasi muda yang hadir pada gelaran wayang golek tersebut.

Menutup sambutannya Wakil Bupati Subang  menekankan agar kebudayaan Sunda dapat disenangi oleh kalangan anak muda karena kebudayaan Sunda khususnya wayang golek memiliki nilai-nilai luhur yang dapat menjadi pelajaran bagi generasi penerus bangsa. 

Ketujuh dalang asli Subang yang tampil dalam acara tersebut Wawan Eeng DAS, Iip Tata Sunandar, Sildam Wawan DAS, Nandan Asep Caswan DAS, Widodo Sano Miharja, Kevin Aradea Dahlan S dan Gilang G Inarya.

Sedangkan lima sinden asli Subang yang tampil dalam acara tersebut Teh Ai Kapinis, Neng Sri Devina, Neng Devia Intaniasti, Neng Siti Mariam dan Neng Linda.

BACA JUGA:  Mengenal Endang Kosasih: Profil Anggota DPRD Subang yang Berangkat Dari Jalanan

Pagelaran Wayang Golek Rampak 7 Dalang 5 Sinden dalam rangka HUT ke-75 Kabupaten Subang yang mengambil lakon "Milangkala Indraprahasta Ulang Taun Pandawa" tersebut disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat Subang yang sudah sangat merindukan gelaran wayang golek terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Para Asisten Daerah, Para Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Para Kabag Lingkup Setda dan seluruh masyarakat Kabupaten Subang penikmat wayang golek.