Beranda Berita Subang TPA Sarimukti Sempat Terganggu, DLHK Klaim Saat Ini Sudah Beroperasi Lagi

TPA Sarimukti Sempat Terganggu, DLHK Klaim Saat Ini Sudah Beroperasi Lagi

edf40bfcb2abbd8c8d9b9c74752440e1.jpg

KBRN, Bandung: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung menyebut sampah yang menumpuk di tempat pembuangan sementara (TPS) mulai akan diangkut mengingat tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti sudah beroperasi kembali. Dampak operasional TPA terganggu diakui membuat sampah tidak terangkut. 

“Ya yang jelas ada dampak ya, sampah-sampah yang di TPS belum bisa diangkut. Sebetulnya sudah mulai dibuka lagi dan beroperasi lagi TPS Sarimukti kemarin di hari Minggu siang,” ujar Kepala DLHK Kota Bandung, Dudi Prayudi kepada wartawan, Senin (8/11/2021). 

Ia pun menyebutkan, beberapa titik mengalami penumpukan namun saat ini mulai disisir oleh para petugas,” Memang ada di beberapa tempat. Tapi hari ini oleh teman-teman disisir lagi jadi memang butuh waktu lah untuk normal,” paparnya.

Dikatakan Dudy saat ini proses pengangkutan sampah di TPS ke TPA sudah mulai berjalan normal kembali. Sampah yang tidak terangkut terjadi sejak Jumat kemarin hingga minggu kurang lebih mencapai 57 truk. 

“Saat ini sudah menuju normal gitu truk yang coba kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS,” paparnya.

Di utarakannya, operasional TPA Sarimukti sempat terganggu akibat alat berat yang digunakan untuk mengangkut sampah kehabisan BBM. Pihaknya tiap tahun membayar tipping fee sebesar Rp 31 miliar dan tidak pernah menungggak. 

“Enggak, kan biasanya misalnya untuk bulan November itu untuk pembayaran di bulan Oktober. Kemudian nanti pembayaran November dibayar bulan Desember. Jadi setelah bulan berjalan pembayarannya,” tandasnya.