Beranda Berita Subang Mahasiswa Universitas Keio Belajar Tari Jaipong dan Degung di KBRI Tokyo

Mahasiswa Universitas Keio Belajar Tari Jaipong dan Degung di KBRI Tokyo

9c8b6e1d0e36e05067752a47ac833078.jpg

KBRN, Bandung: Kesenian Tari Jaipong dan Degung, bergema di KBRI Tokyo, sebagai promosi budaya dan pariwisata bertajuk “Indonesia Day” Pesona Seni Budaya Jawa Barat, untuk menyambut kedatangan para mahasiswa Keio University Jepang.

Diterangkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI di Tokyo, Yusli Wardiatno, tujuan utama Keio University mengirimkan mahasiswa adalah praktik lapangan kemampuan berdialog bahasa Indonesia dengan penutur aslinya.

“Dalam kegiatan praktek lapangannya, disini mereka juga berkesempatan menikmati dan belajar tari Jaipong dan memainkan gamelan degung Jawa Barat,” jelas Atdikbud Yusli, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (18/9/2021).

BACA JUGA:  5 Ojol Lokal Subang Paling Hits, Asli Buatan Putra Daerah!

Dilanjutkan Yusli, kunjungan ini merupakan pengganti kunjungan rutin langsung ke Indonesia, yang selama dua tahun ini terhalang pandemi. 

Delegasi disambut hangat Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan ketua Dharma Wanita Persatuan Nuning Akhmadi, Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya. 

“Saya bangga melihat generasi muda Jepang antusias belajar bahasa dan budaya Indonesia. Hari ini mereka juga belajar Tari Jaipong dan Degung. Saya berharap ini bisa membuat mereka semakin mencintai Indonesia,” tutur Dubes Heri.

“KBRI Tokyo menggelar kegiatan ini guna mempromosikan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Jepang khususnya mahasiswa dari Universitas Keio dan memberikan wadah bagi para pemelajar Bahasa Indonesia di Universitas Keio untuk dapat mempraktikkan dan memperkaya kemampuan Bahasa Indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA:  Pemkot Cimahi Ajak Orangtua Cegah Stunting

Senada dengan itu, Ketua Program Bahasa Indonesia Universitas Keio, Yo Nonaka, mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, para mahasiswanya lebih bersemangat mempelajari kekayaan seni dan budaya Indonesia. 

“Akibat pandemi, kami tidak dapat berkunjung ke Indonesia. Jadi, kami berusaha menghadirkan Indonesia dengan membawa mahasiswa ke KBRI Tokyo. Mereka bisa merasakan suasana Indonesia dengan melihat dan belajar langsung Tari Jaipong dan Degung Jawa Barat,” ungkap Yo Nonaka.

BACA JUGA:  Kadinkes Subang: Level 2 Patut Disyukuri, Bebas Namun Bertanggungjawab

Mahasiswa dan pengajar dari Universitas Keio yang hadir antusias disuguhi penampilan Tari Jaipong serta kesenian Degung Jawa Barat. Peserta juga berkesempatan untuk melakukan workshop singkat memainkan degung dan menari Jaipong. Selain itu, peserta juga mendapat ragam jajanan khas Jawa Barat seperti tahu isi dan pisang molen sebagai “omiyage” (oleh-oleh) untuk dibawa pulang.

Sebagaimana kegiatan lain di masa pandemi Covid19, acara Pesona Seni Budaya Jawa Barat dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.