Beranda Berita Nasional Hujan Tak Lagi Turun, Sejumlah Wilayah di Ciamis Krisis Air Bersih

Hujan Tak Lagi Turun, Sejumlah Wilayah di Ciamis Krisis Air Bersih

Suplai-Air-Bersih-di-Desa-Sindangrasa.jpg

harapanrakyat.com,- Hujan tak lagi turun meskipun masih bulan Desember yang ditengarai sebagai bagian dari musim hujan. Akibatnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kembali mengalami krisis air bersih.

Salah satunya terjadi di Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis,  Sejumlah relawan pun kembali terjun menyalurkan air bersih untuk puluhan Kepala Keluarga.

Kepala Desa Sindangrasa, Egi Suprayoga Syamsoe mengatakan, Relawan Sibara menyuplai air bersih untuk warga Dusun Pongporang, Selasa (19/12/2023).

“Suplai air bersih untuk RT 13, RW 04, di sana ada 7 KK, 24 jiwa. Suplai air bersih juga untuk warga di RT 25, RW 06, ada 9 KK dengan 20 jiwa,” katanya, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: Warga Karangkamulyan Ciamis Alami Krisis Air Bersih

Selain di Desa Sindangrasa, lanjut Egi, relawan juga mengirim bantuan air bersih untuk warga Desa Cigayam dan Desa Cikaso.

“Setelah selesai menyalurkan air bersih di Desa Sindangrasa, para relawan melanjutkan ke Desa Cikaso blok Ampah Jati, di sana ada 4 KK 10 jiwa, lalu di Desa Cigayam 3 KK 9 jiwa, dengan jumlah air sebanyak 4.000 liter,” terangnya.

Menurut Egi, hujan yang tak lagi turun membuat sejumlah sumur warga kembali mengering. Pihaknya berinisiatif menggerakkan kembali relawan desa untuk menyuplai air bersih.

“Jika hujan tidak kunjung turun lagi, kemungkinan jumlah warga yang kesulitan air bersih akan bertambah. Mudah-mudahan hujan segera turun kembali sehingga warga di sini tidak lagi kesulitan air bersih,” harapnya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)