Beranda Berita Subang Apa itu Bubuy Ayam Ma Atik? Kuliner Tradisional Asal Subang

Apa itu Bubuy Ayam Ma Atik? Kuliner Tradisional Asal Subang

Apa itu Bubuy Ayam Ma Atik

suarasubang.com – Pernah nyicip makanan yang dipendam ke dalam bara sekam? Kalau belum, kini saatnya mencoba salah satu makanan lezat yang diproses dengan cara tersebut. Namanya Bubuy Ayam Ma Atik, kuliner tradisional asal Subang.

Namanya sih sebenarnya D’bubuy Ma Atik. Tapi biar tidak susah sebut saja ‘bunga’ eh, Bubuy Ayam Ma Atik. Ini dimaksudkan supaya kalian nggak susah mengejanya. Hehe.

Apa itu Bubuy Ayam Ma Atik?

Asalnya dari mana sih kuliner ini? Jika diselidiki dari namanya, ini adalah salah satu resep olahan sunda. Seperti udah dibahas di awal ayam besutan Ma Atik ini dibuat dengan cara dipendam ke dalam bara sekam. Dan merupakan kuliner tradisional asal Subang.

Mengintip sedikit dari akun Twitter resmi @Dbubuy_MaAtik arti ‘bubuy’ sendiri adalah ‘dipendam ke dalam bara sekam’. Jadi bubuy ayam Ma Atik adalah olahan yang dibakar.

Dan kesimpulannya, seperti dijelaskan oleh ownernya di Subang, produk mereka ini adalah ayam kampung hidangan keluarga yang diproses dengan cara dipendam ke dalam sekam.

Lanjut ya.

Sang pemilik produk menjajaki bisnis kuliner pada April 2014. Cowok manis bernama lengkap Rainard Smara Mahardika yang lebih akrab disapa Eeng ini nekat melakukan eksperimen dengan mengolah ayam kampung dengan cara di-bubuy.

BACA JUGA:  Tidak Ada Korban Jiwa Dalam Kebakaran Pabrik Tekstil di Bandung

Hasilnya, kuliner khas ini kini menjadi salah satu olahan ayam khas yang turut mengharumkan jagat kuliner di kota Subang, Jawa Barat.

Lokasi Bubuy Ayam Ma Atik

Tapi tunggu dulu. Dimana sih posisi kuliner ini? Lokasinya memang bukan di pinggir jalan dan tak mudah ditemukan buat para pemburu kuliner dari luar kota. Tapi sebagai panduan, kuliner Subang ini terletak di jalan Soeprapto Gang Kenanga 2 No 20 Rt.15/04 Kelurahan Karang Anyar, Subang, Jawa Barat.

Silahkan cek di Google Maps dan tanya-tanya sedikit ke tetangga kalau sudah berada di sekitar lokasi. Mudah kok, kalau tak malu bertanya, dijamin tidak akan tersesat. Hehe.

Apalagi kang Eeng, si ganteng maut ini merupakan cowok idola yang sangat populer di kampungnya. Karena selain pebisnis handal, dia juga mantan pemain band kawakan.

lokasi dan harga kuliner subang bubuy ayam ma atik

Proses Pembuatan

Sebagai sajian khas sunda, kuliner asal Subang ini punya konsep pengemasan mirip pepes. Bedanya dengan pepes biasa, olahan ayam kampung ini dibakar dalam sekam berbahan kulit padi yang membara.

BACA JUGA:  Gelar Seminar Tentang Agent, Sumbangsih Askab PSSI Kabupaten Bandung Untuk Sepakbola

Sebelumnya tentu saja sudah dipoles dengan bumbu rempah seperti sereh, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun kemangi, kunyit, lengkuas dan lainnya. Lalu dibungkus daun pisang sebanyak tujuh lapis. Duh, prosesnya aja udah bikin ngiler. Langsung laper deh.

Untuk membuat bubuy ayam ini menjadi olahan sempurna, dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam. Alhasil, kualitas ayam bubuy benar-benar terjaga dan lezat.

Membuat para pelanggan datang kembali dan selalu terngiang-ngiang. Sama persis seperti saat terngiang-ngiang mantan.

Bukti nyata dari olahan yang terjaga kualitasnya ini adalah daging ayamnya terasa begitu lembut saat dicomot dan bumbu rempah benar-benar meresap ke dalam ‘sang ayam’.

Saat dikunyah, perpaduan bumbu rempah nan gurih dan lezat langsung lumer di dalam rongga mulut. Tekstur dagingnya benar-benar empuk dan lunak, tapi tetap tidak hancur begitu saja. Pas banget dengan nasi hangat.

Proses Distribusi Bubuy Ayam Ma Atik

Lalu bagaimana kalau kita pengen memesan atau membungkus ayam kampung ala Ma Atik ini? Kalau kalian orang Subang atau bukan pendatang, tinggal datang saja ke lokasi. Produk kuliner ini bisa dikemas dalam kondisi hangat.

BACA JUGA:  Hot Banget ! Nikmati Uniknya Dimsum Geprek di K’day Friday (Kuliner Subang)

Nah, buat yang sengaja datang dari luar kota dan ingin membungkus, ayam kampung khas ini ditiriskan terlebih dahulu lalu dikemas dalam bungkus kedap udara sehingga bisa bertahan dalam perjalanan ekspedisi.

Begitu juga dengan pengiriman via ekspedisi, prosesnya tak terlalu jauh berbeda. Menurut Eeng, kuliner asal Subang ini paling lama bisa bertahan tiga hari dalam kedap udara suhu sedang. Tapi jika disimpan dlaam freezer bisa tahan sampai 10 hari.

Berapa Harga Bubuy Ayam Ma Atik

Sebagai kuliner langka, sepertinya tak rugi harus merogoh kocek lebih demi menikmati produknya. Bisa dibilang, kuliner ayam kampung dengan konsep bubuy inovatif ini hanya satu-satunya di Subang bahkan di Jawa Barat. Tapi menurut kami sih harga ini pas di kantong.

Tak terlalu mahal kok, cukup merogoh kocek sekitar Rp 105 -110 ribuan untuk sekotak bubuy ayam, kita bisa menentengnya ke rumah buat keluarga, pacar atau calon mertua. Lumayan buat ‘sogokan’ supaya bisa cepat nikahin gebetan. Wkwk.

Nah, kalau kalian ingin memesan sekarang juga, berikut nomor dan kontak yang bisa dihubungi: 082139318876 atas nama Eeng.