Beranda Berita Nasional Siap-Siap, Satlantas Polres Pangandaran akan Terapkan Rekayasa Lalin pada Libur Nataru

Siap-Siap, Satlantas Polres Pangandaran akan Terapkan Rekayasa Lalin pada Libur Nataru

Pangandaran.jpg

harapanrakyat.com,- Satlantas Polres Pangandaran telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan pelayanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Kasatlantas Polres Pangandaran AKP. Asep Nugraha mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan dengan unsur stakeholder di Kabupaten Pangandaran, khusus untuk kawasan jalur wisata Pantai Pangandaran siap diberlakukan one way (satu arah).

“Mulai dari pintu masuk sampai pertigaan Bulak Laut. Dari sana bisa mengambil ke arah belok  kiri sampai ke pertigaan Hotel Arnawa, bisa ngambil lurus atau belok kanan ke arah Century,” katanya kepada harapanrakyat.com, Rabu (20/12/2023).

Namun, lanjut Asep, jika dari Hotel Century wisatawan tidak bisa mengambil ke arah kiri. Hanya bisa belok kanan satu arah.

“Nanti dari pertigaan Ajo, apabila memungkinkan bisa diberlakukan dua arah, atau belok ke kanan. Tapi memang disana harusnya satu arah sampai Pantai Timur, Horison, Laut Biru, hingga Pangandaran Sunset itu satu arah,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru 2024 di Pangandaran, PHRI dan Kepolisian Antisipasi Kemacetan dan Sampah

Satlantas Polres Pangandaran Terapkan Rekayasa One Way

Dengan adanya rekayasa lalin ini, semua kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat harus mengikuti manajemen rekayasa satu arah. Sementara, untuk parkir bus dan truk lokasinya di Pasar Wisata dan Katapang Doyong.

“Nanti wisatawan bisa turun di Katapang doyong, kemudian naik odong-odong atau beca. Bisa juga menggunakan kendaraan yang disediakan oleh hotel,” terang Asep Nugraha.

Kemudian, untuk kawasan objek wisata lainnya seperti Batu Karas dan Green Canyon, pihaknya sudah menyiapkan petugas terpadu yang terdiri dari Satlantas, Sabara, Satpol PP dan Dishub.

“Disana nantinya ada tim urai, jika terjadi kemacetan sekitar dua objek wisata tersebut,” ucapnya.

Untuk mengikuti manajemen rekayasa lalu lintas Polres Pangandaran, juga sudah ada kesepakatan penggunaan ATV dan motor sewaan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran Irwansyah mengatakan,  pihaknya siap menertibkan mobil yang parkir di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran.

“Itu yang suka bikin macet, baik di Pantai Timur maupun Pantai Barat. Makanya nanti kita akan lakukan patroli,” singkatnya. (Jujang/R3/HR-Online/Editor: Eva)