Beranda Berita Subang UMKM Subang Expo 2022, Kolaborkasi Pentahelix ala PLUT Subang

UMKM Subang Expo 2022, Kolaborkasi Pentahelix ala PLUT Subang

subang-expo.jpg

KOTASUBANG.com, Subang – Expo UMKM Subang 2022, digelar di area UPTD PLUT Subang, 29-30 November 2022. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI Dr. Yulius didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi.

Disampaikan dalam laporannya Kepala Dinas DKUPP Subang, Dr. Drs. Yayat Sudrajat, MM.M.Si mengatakan kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut dalam upaya mendorong pelaku UMKM dari tingkat desa hingga mampu ekspor dalam rangka meningkatkan derajat ekonomi para pelaku UMKM. Dirinya menambahkan, UPTD PLUT mengelaborasi berbagai gagasan demi meningkatkan kualitas produk UMKM.

Sementara itu Wakil Bupati Subang yang akrab disapa Kang Akur menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi pentahelix demi meningkatnya kapasitas pelaku UMKM agar naik level. Kang Akur juga menyampaikan permohonan untuk tetap berkolaborasi dengan Kemenkop dalam hal ini dengan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI.

BACA JUGA:  Ketua Persit KCK Cabang XXXII Kodim 0605/Subang Bagikan Paket Sembako di Lokasi TMMD Subang

“Saya hanya menegaskan kembali bahwa bantuan dari Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI melalui adanya gedung PLUT ini sudah produktif dan sangat optimal, namun rumah kemasan kami butuhkan” pintanya.

Dilanjutkan penyerahan bantuan kepada yatim piatu dan dhuafa, kemudian Penyerahan Simbolis NIB dan Sertifikat Halal kepada Perwakilan 5 UMKM yang diserahkan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI dan Wakil Bupati Subang yang didampingi oleh Kepala DKUPP Subang.

Sebelum membuka acara, dalam Sambutan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI dan Pembukaan UMKM Subang Expo 2022 Dr. Yulius menyampaikan menyampaikan pihaknya menyelenggarakan kegiatan tersebut dikarenakan melihat para pelaku UMKM yang cukup kesulitan dalam memasarkan produknya.

BACA JUGA:  Sisingaan Polwan Meriahkan Open Turnamen Bola Voli Kapolres Subang Cup Sambut HUT Bhayangkara ke-76

Terkait pemasaran, Yulius menyebutkan bahwa terdapat satu kendala yaitu keterbatasan kualitas SDM, untuk itu dirinya mendirikan PLUT untuk pelaku UMKM belajar untuk berusaha dan kedepannya pihaknya akan menempelkan rumah kemasan di dalam PLUT. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan sebanyak 30 juta UMKM pada tahun 2024 masuk pemasaran online.

“Namun persoalan dalam online ini terlihat bahwa mereka masuk tapi produk yang dijual adalah impor, sedangkan buatan Indonesianya hanya 10% saja. Oleh sebab itu, dengan adanya expo tersebut, saya berharap produk UMKM asli Indonesia lebih dikenal lagi.” Ungkap Yulius.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pentahelix yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Subang dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM RI. Nota kesepahaman dalam pengembangan UMKM dan Wirausahamuda tersebut melibatkan Jurusan AgroIndistri Politeknik Negeri Subang, Program PGSD F-KIP Universitas Mandiri, SMK Pelita Nusa, ICSB Kabupaten Subang, PHRI Kabupaten Subang, Subang Creative Hab dan Aliansi Wartawan Subang.

BACA JUGA:  5 ASN Subang Lolos Seleksi PNS Berprestasi Tahap 1 Tingkat Jawa Barat

Pelaksanaan UMKM Subang Expo 2022 merupakan wujud dari Kolaboraksi Pentahelix itu sendiri. Dimana PLUT Subang melibatkan kalangan akademik untuk pelaksanaan workshop kewirausahaan kemudian menggandeng unsur bisnis untuk terlibat sebagai sponsor dalam pelaksanaan Expo. PLUT Subang juga menggandeng komunitas Subang Creative Hub sebagai event organizer dan mengundang berbagai komunitas lainnya untuk hadir dan mengikuti expo. PLUT Subang juga melibatkan media untuk publikasi kegiatan UMKM Subang Expo 2022.