Beranda Berita Subang Pengurus Kwartir Ranting Cisalak Resmi Dilantik

Pengurus Kwartir Ranting Cisalak Resmi Dilantik

IMG-20221228-WA0021.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Kak H.Tatang Komara Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, resmi melantik Ketua Mabiran Kwaran, LPK dan Dewan Kehormatan Kwartir Ranting Cisalak masa bakti 2022-2025, yang digelar di Aula Kecamatan Cisalak pada (28/12/ 2022).

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Subang beserta jajaran Wakil Ketua Kwarcab melantik Pengurus/Andalan Kwartir Ranting Cisalak.

Kak Tatang Komara, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Subang menyampaikan dalam sambutannya, nilai-nilai kepramukaan yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Dharma merupakan kaidah-kaidah fundamental bagi peserta didik dan anggota dewasa.

BACA JUGA:  Pemkab Bogor Tegaskan TPST Kalong Sawah Rumpin Baru Tahap Perencanaan

“Pola dan mekanisme pembinaan dalam pendidikan kepramukaan berpatokan kepada pembangunan karakter, jika didalam dunia Pendidikan sekarang digaungkan profil pelajar pancasila maka pramuka telah lebih dulu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan kepramukaan bersifat kolektif kolegial yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemangku kebijakan, pelaksana kegiatan, dan masyarakat juga harus terlibat. Sistem kerja Gerakan Pramuka adalah dari, untuk, dan oleh. Maka dari itu untuk membangun Pramuka yang berkarakter dan berdampak, dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

BACA JUGA:  Proyek TPT di Desa Mulyasari Mangkrak

Kegiatan Pelantikan Pengurus/Andalan Kwarran Cisalak dihadiri juga oleh stake holder dari unsur Muspika Kecamatan Cisalak dan Para Kepal Desa selaku Ketua Majelis Pembimbing Desa.

Camat Cisalak selaku Ketua Mabiran Kecamatan Cisalak Kak Andri Darmawan, S.STP.,MM. dalam sambutannya mengatakan.

“Kegiatan kepramukaan memiliki Pola dan Mekanisme Pembinaan yang terarah dan terukur dalam pembentukan karakter, bukan hanya diperuntukan bagi peserta didik dan dan sekolah tapi juga untuk masyarakat. Nilai-nilai kepramukaan sangat lekat dengan nilai kemasyarakatan, panduan yang tertuang dalam Dasa Dharma dan Tri Satya jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari tentu akan menjadikan lingkungan masyarakat BERGERAK (Bersih, Efektif, Responsif, Gotong royong, Efisien, Religius, Aman, Kreatif),” ujarnya.

BACA JUGA:  Tahun Baru, Beli Motor Baru di Tridjaya Motor Pagaden, Ada Promo Special Awal Tahun

“Untuk mendukung kegiatan Kepramukaan berjalan di Kwarran Cisalak, maka stake holder Kecamatan Cisalak mulai dari Camat sampai dengan Kepala Desa harus turut serta mendukung baik dari segi moril maupun materil,” pungkasnya.