Beranda Berita Nasional Jelang Musim Tanam, Puluhan Petani di Ciamis Ini Berburu Tikus di Sawah

Jelang Musim Tanam, Puluhan Petani di Ciamis Ini Berburu Tikus di Sawah

Berburu-Tikus-di-Sawah.jpg

harapanrakyat.com,- Menjelang persiapan musim tanam padi, puluhan petani di Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis berburu hama tikus di sawah, Minggu (24/12/2023).

Gerakan berburu tikus oleh puluhan petani tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya serangan sebelum musim tanam padi tiba.

Terpantau di lapangan, para petani terlihat menyusuri tanggul pematang sawah. Bahkan mereka rela mencari hingga ke selokan untuk mencari lubang (sarang) tikus.

Sementara itu, mereka juga tampak bersorak-sorai saat berhasil melumpuhkan seekor tikus.

Kepala Desa Sidaharja Haris Munandar yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan, berburu tikus tersebut untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama tikus saat menjelang musim tanam.

“Para petani melihat banyak sarang tikus yang ada di tanggul pematang sawah. Sehingga dari masing masing Poktan membuat kesepakatan untuk melakukan perburuan bersama-sama” katanya 

Dengan berburu tersebut, harapannya saat musim tanam tiba, tanaman atau persemaian padi petani tidak rusak oleh tikus.

“Kegiatan ini juga dijadikan ajang silaturahmi para petani. Jadi, sambil istirahat para petani ini berdiskusi tentang masa depan pertanian yang menjadi pusat pencaharian,” terangnya.

Perburuan tikus yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut, lanjut Haris, petani berhasil menangkap ratusan tikus. (Suherman/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)