Beranda Berita Nasional Ini Kecamatan dan Desa di Ciamis yang akan Dilewati Tol Getaci, Kapan...

Ini Kecamatan dan Desa di Ciamis yang akan Dilewati Tol Getaci, Kapan Mulai Dibangun?

Kecamatan-dan-Desa-di-Ciamis-yang-akan-dilewati-tol-Getaci.jpg

harapanrakyat.com,- Pembangunan tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) akan melewati 4 Kecamatan dan 24 Desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Meski belum ada pembahasan lebih lanjut, namun Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis memastikan daftar kecamatan dan desa yang akan dilewati tol Getaci.

Kepala Bidang Tata Ruang DPUPRP Kabupaten Ciamis, Agus Taofik mengatakan, pembangunan jalur tol Getaci yang melewati Ciamis belum ada pembahasan lebih lanjut. 

“Saat ini belum ada pembahasan lanjutan, tetapi sudah ada empat kecamatan yang akan terlewati pembangunan jalan tol tersebut,” ungkapnya, Jumat (23/12/2023).

Kata Agus, daftar empat kecamatan yang akan dilewati tol Getaci meliputi kecamatan Ciamis, Cidolog, Pamarican, dan Banjarsari.

Baca Juga: Pemkot Banjar Tak Setuju Exit Tol Getaci Dibangun di Kertahayu Ciamis

Agus melanjutkan, tahap satu pembangunan jalan tol Getaci yang akan melewati wilayah Kabupaten Ciamis yaitu pengukuran dan pembebasan lahan oleh pihak pengembang.

“Meski belum ada kepastian tahun berapa ada pembebasan lahan di wilayah Ciamis. Namun sesuai hasil rapat yang pernah dilaksanakan pembangunan jalan tol sudah pasti akan melewati wilayah Ciamis,” jelasnya. 

Daftar Kecamatan dan Desa yang akan Dilewati Tol Getaci di Ciamis

Agus menjelaskan, untuk data wilayah empat kecamatan dan desa yang terlewati jalan tol yaitu, Kecamatan Banjarsari ada 9 desa. Kesembilan desa tersebut terdiri dari Desa Ciherang, Ratawangi, Ciulu, Purwasari, Cibadak, Cicapar, Sindanghayu, Sindangkasih dan Sindangsari.

Kecamatan Ciamis ada satu desa yang dilewati tol Getaci yaitu Desa Linggasari. Sementara Kecamatan Pamarican ada 8 Desa yang akan dilewati tol Getaci. Delapan desa tersebut terdiri dari Desa Neglasari, Pamarican, Sidaharja, Sukajadi, Bangunsari, Kertahayu, Margajaya dan Sukamukti.

Sementara untuk kecamatan Cidolog, ada empat desa yang akan dilewati tol Getaci yaitu Desa Cidolog, Ciparay, Hegarmanah dan Janggala.

Agus menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu proses pembangunan jalan tol Getaci yang akan lewati 4 kecamatan dan 24 desa di Kabupaten Ciamis tersebut.

“Kita tunggu progres pembangunan jalan tol yang akan melewati Kabupaten Ciamis. Karena kami juga banyak menerima warga yang menanyakan kapan dan bagaimana proses pembangunan jalan tol tersebut,” pungkasnya. (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)