Beranda Berita Subang Eks TPA Panembong Subang Kebakaran

Eks TPA Panembong Subang Kebakaran

eks-tpa-Panembong-Terbakar.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Panembong yang berada di Kelurahan Parung, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang lides dilalap si jago merah pada Rabu (26/8/2021) siang.

Dalam pelaksanaan pemadaman Tim Pemadam Kebakaran Dinas Satpoldam Kabupaten Subang secepatnya bertindak mengerahkan 3 unit kendaraan pemadam kendaraan dan belasan orang petugas berusaha keras memadamkan api dari atas hingga dari bawah, yang saat ini tumpukan sampah terlihat sudah menyerupai tebing.

BACA JUGA:  Safari Ramadhan di Ponpes Raudhatul Ulum Kasomalang, Kang Akur Serahkan Wakaf Alquran

Namun dengan kondisi sampah yang terbakar didominasi sampah plastik, dan di perparah kondisi medan sangat terjal sehingga mengakibatkan proses pemadaman membutuhkan waktu lama.dan di perparah oleh keberadaan pengambilan air yang sulit dijangkau dari lokasi.

Menurut Aep Saepudin, Komandan Pleton Damkar mengatakan, bahwa kebakaran yang terjadi sekarang ini sangat sulit dengan keberadaan lokasi ke tempat pengambilan air sangat jauh sehingga memerlukan waktu lama.

BACA JUGA:  Kolaborasi dengan BPBD, Pertamina EP Subang Bentuk Masyarakat Tangguh Bencana

“Untuk pengambilan air saja sudah jauh sehingga untuk pemadaman membutuhkan waktu yang lama,” katanya.

Lebih lanjut Aep, soal penyebab kebakaran diperkirakan karena material sampah bisa mengeluarkan gas, di tambah cuaca panas sangat ekstrim disertai angin kencang, maka Aep memprediksi kebakaran tersebut, berasal yang ditimbulkan dari sampah.

“Bisa saja terjadi! prediksi saya terjadinya adanya api iti di sebabkan dari sampah itu sendiri karena sampah bisa mengeluarkan Gas yang bisa menimbulkan api bila tersorot matahari yang sekarang ini sangat ekstrim dan juga oleh angin kencang mengakibatkan seperti sekarang ini,” tutupnya.