Beranda Otomotif Truk Mitsubishi Fuso Euro4 Masih Bisa Minum Biodiesel?

Truk Mitsubishi Fuso Euro4 Masih Bisa Minum Biodiesel?

20220325_111509-scaled.jpg

ROCKOMOTIF, Tangerang Selatan – Mulai April 2022 mendatang, semua kendaraan bermesin diesel sudah harus berstandar emisi Euro4, termasuk juga semua model Mitsubishi Fuso. Adanya ubahan regulasi Euro4 ini tentu ada ubahan yang dilakukan pada spesifikasi mesin, dan yang jadi pertanyaan adalah dengan standar emisi Euro4 ini apakah truk Mitsubishi Fuso terbaru ini masih bisa minum biodiesel atau solar B30 yang ada di pasaran?

Menurut pihak dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk spesifikasi truk baik Canter maupun Fighter X memang disarankan untuk menggunakan solar dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm ke bawah. Namun melihat kondisi di lapangan, masih tersedia bahan bakar B30, pihak KTB memastikan jika produk mereka masih bisa menggunakan biodiesel tersebut.

“Untuk mengantisipasi penggunaan bahan bakar di Indonesia, kita sudah 3 tahun memperkenalkan mesin common rail melalui Fuso Fighter yang Euro2. Kendaraan itu sudah dilengkapi dengan filter-filter yang bisa mengeliminasi bahan-bahan berisiko. Nah cara itu kita aplikasikan di produk Euro4 ini,” jelas Aji Jaya selaku Vice President of Sales & Marketing PT KTB di acara media test drive di BSD, Tangerang Selatan, Jumat (25/3/2022).

mesin fuso fighter x euro4

Baca juga: Mitsubishi Fuso Hadirkan 29 Varian Truk Baru dengan Euro4

Selain itu menurut KTB juga pihaknya menambahkan improvement lain yang bisa mengakomodir kebutuhan bahan bakar biodiesel. “Kita improve beberapa part seperti pipa dan fuel tank yang bisa beradaptasi dengan biodiesel,” tambah Bayu Afriza, General Manager of Product Strategy PT KTB di tempat yang sama.

Biaya perawatan Euro4

Selain masih bisa meminum solar B30, teknologi Euro4 di Mitsubishi Fuso ini juga tidak banyak berubah dari mesin lama yang masih Euro2. Jadi konsumen yang berniat membeli Mitsubishi Fuso terbaru tidak perlu cemas tentang perawatan dan apakah ada kenaikan biaya yang signifikan.

“Terkait perubahan teknologi di Euro4, persiapan dari kami dan juga dealer adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk Euro4. Berupa special tools untuk kendaraan Euro4 ini,” beber Aji lebih lanjut.

Mengenai perawatan Aji juga meyakinkan jika tidak ada perubahan signifikan dari Euro2 ke Euro4, jadi konsumen tidak akan terlalu terbebani.

fuso fighter x euro4

Baca juga: Sudah 51 Tahun, Mitsubishi Fuso Masih Nomor Satu di Segmen Komersial

“Sebagian besar sekitar 80 persen komponen yang ada di model Euro4 itu masih sama seperti yang ada di model Euro2. Jadi konsumen tidak perlu khawatir dengan ketersediaan suku cadangnya,” tambahnya.

Mitsubish Fuso sendiri memiliki 217 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana seluruh dealer ini sudah dipersiapkan untuk melayani Euro4. Mulai dari fasilitas peralatan yang lengkap dan juga mekanik sudah dibekali dengan penanganan Euro4 ini.

“Jadi seluruh dealer kami sudah siap untuk menyambut dan melayani konsumen dengan kendaraan Euro4,” pungkas Aji Jaya.