Beranda Ragam Penyebab Rem Mobil Keras, Kenali Segera Untuk Dapat Mengatasinya

Penyebab Rem Mobil Keras, Kenali Segera Untuk Dapat Mengatasinya

Penyebab-Rem-Mobil-Keras-Kenali-Segera-Untuk-Dapat-Mengatasinya-1.jpg

Penyebab rem mobil keras sangat beragam. Dan jika sudah mengalami kondisi seperti itu, maka Anda perlu mewaspadainya. Sebab ketika Anda menginjak rem mobil yang keras maka akan terasa berat, dan tentunya bisa menggangu saat mengendarai mobil.

Selain itu, kondisi buruk pada rem mobil tersebut dapat menimbulkan masalah yang fatal. Sehingga dengan kondisi seperti itu, tentunya tidak salah untuk segera mengatasinya. Salah satunya yaitu dengan melakukan pengetesan pada selang booster rem.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Ambles Beserta Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui, bahwa rem mobil termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah kendaraan. Saat bagian tersebut tidak menjalankan fungsi dengan baik, kemungkinan ada suatu kendala. Sehingga, Anda harus segera mengeceknya untuk dapat mengatasinya.

Beberapa Penyebab Rem Mobil Keras

Bagi yang telah terbiasa menyetir kendaraan roda empat dan merasa rem mobil terasa cukup keras, jangan sampai menganggap hal tersebut sepele. Hal itu dapat mempengaruhi tingkat keamanan saat berkendara. Untuk itu, kenali beberapa penyebabnya berikut ini.

Kampas Rem Tipis

Besar kemungkinan kondisinya akibat kampas rem yang sudah aus atau menipis. Sehingga menyebabkan rem mobil keras saat menginjaknya. Apabila kampas rem sudah tipis, bukan hanya menjadikan keras, bahkan rem mobil Anda dapat menjadi blong.

BACA JUGA:  Ini Cara Membuat Antiseptik dari Jeruk Nipis, Mudah!

Saat Anda sudah merasakan hal tersebut, sebaiknya segera mengecek bagian kampas. Apabila benar sudah tipis, Anda perlu segera menggantinya. Sebab, kampas rem dapat mempengaruhi pakemnya rem pada mobil.

Minyak Rem Tipis

Hal yang menjadikan penyebab rem mobil tiba-tiba keras kemungkinan minyak rem sudah habis. Hal ini juga dapat menyebabkan rem mobil menjadi blong.

Sehingga apabila Anda sudah merasakan penyebab rem mobil tidak nyaman, maka perlu untuk mengecek bagian minyak rem pada mobil tersebut.

Volume minyak rem akan terus berkurang seiring dengan pemakaiannya. Apabila sudah mulai berkurang dan warna minyak rem sudah mulai berubah, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian.

Booster Rem Rusak / Aus

Booster rem yang rusak atau aus tentunya juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Hal itu karena pemakaian mobil yang sering, bahkan telah melewati waktu pemakaian yang sudah lama. Terlebih Anda juga cukup jarang mengeceknya.

Baca Juga : Rem Mobil Berbunyi Saat Diinjak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Maka Anda perlu cek penyebab rem mobil keras tersebut dengan segera membawanya ke bengkel. Apabila booster rem tersebut sudah aus, Anda lakukan penggantian dengan yang baru.

BACA JUGA:  Kaca Mobil Baret, Jangan Panik Inilah 4 Cara untuk Mengatasinya

Selang Vakum Bocor

Apabila Anda tidak mengalami beberapa masalah sebelumnya, namun ada bagian rem mobil tiba-tiba keras, bisa jadi karena faktor lainnya.

Seperti halnya telah terjadi kebocoran pada selang vakum. Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian selang vakum mobil Anda tersebut.

Terlalu Kuat Menarik Tuas Rem

Apabila terlalu kuat menarik tuas rem tangan melebihi ambang batas gerigi pada bagian dalamnya, hal itu yang akan menjadi salah satu penyebabnya. Apabila menariknya secara perlahan, maka hal tersebut tidak akan terjadi. 

Baca Juga : Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Selain itu juga, yang menjadi penyebab rem mobil menjadi keras bisa karena tuas rem yang tidak bisa dikembalikan. Biasanya, jika sudah terjadi seperti itu, dan Anda awam atau tidak memahami mekanisme kerjanya, tentu akan menjadi panik. Oleh karena itu, jika sudah seperti itu maka langkah terakhir pergi ke bengkel mobil.

BACA JUGA:  Cara Cek Nomor Indosat, Siapa Tahu Kalian Lupa

Penggunaan Rem Tangan Untuk Jangka Waktu Lama

Apabila menggunakan rem tangan dalam jangka waktu yang lama, tentunya hal tersebut sangat tidak disarankan. Terlebih apabila lokasi mobil parkirnya terdapat genangan air atau bisa juga banjir. Sebab, kondisi tersebut dapat menjadikan karat yang akan lengket pada remnya. Bahkan sulit untuk melepaskannya.

Tidak Dapat Membedakan Rem Transmisi Manual Atau Otomatis

Kendaraan roda empat seperti mobil terdapat dua jenis transmisi. Transmisi manual juga otomatis. Keduanya mempunyai cara penggunaan yang beda.

Penyebab lainnya dapat dikarenakan pengendara tak dapat bedakan kedua transmisi. Sehingga sering kali salah menggunakan. Hal itu berakibat pada rem mobil yang tak berfungsi semestinya.

Ada beberapa penyebab rem mobil keras untuk Anda ketahui. Apabila sudah mengetahui penyebabnya, Anda dapat segera mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, kenyamanan Anda akan terasa optimal. Maka dari itu, jangan anggap sepele berbagai penyebab di atas. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto