Beranda Berita Nasional Petugas Damkar Kota Banjar Evakuasi Biawak Masuk ke Dalam Atap Rumah

Petugas Damkar Kota Banjar Evakuasi Biawak Masuk ke Dalam Atap Rumah

Petugas-Damkar-Kota-Banjar-Evakuasi-Biawak-Masuk-ke-Dalam-Atap-Rumah.jpg

harapanrakyat.com,- Seekor biawak masuk ke dalam rumah warga di Lingkungan Banjarkolot, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil dievakuasi oleh petugas Pemadam Kebakaran.

Hewan yang masuk ke dalam golongan jenis reptil itu diketahui tiba-tiba masuk ke dalam atap rumah milik Dikri, warga Perumahan Matahari.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari pemilik sekitar pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Tadi kami mendapat laporan dari pemilik rumah atas nama Dikri, di Perumahan Matahari, terkait adanya seekor biawak yang masuk ke atap rumah,” kata Aam Amijaya, Minggu (21/5/2023).

Baca juga: Gerobak Sate Terbakar di Kota Banjar Usai Ditinggal Pulang Pemiliknya

Ia menjelaskan, setelah menerima laporan tersebut petugas Pemadam Kebakaran yang sedang piket langsung mendatang lokasi untuk melakukan evakuasi.

Menurutnya, karena posisi biawak berada di dalam atap rumah hal itu sempat membuat kesulitan petugas saat akan menangkapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Petugas langsung ke lokasi dan tadi sempat kesulitan untuk menangkap reptil tersebut karena posisinya di dalam atap rumah,” jelasnya.

Kemudian, tak membutuhkan waktu lama akhirnya petugas Pemadam Kebakaran berhasil menangkap hewan tersebut dan membawanya keluar.

Aam menduga, biawak itu berasal dari area persawahan atau sungai yang berada tak jauh dari rumah tersebut.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kemungkinan bisa dari sawah atau sungai yang tidak jauh dari lokasi. Kebetulan di belakang rumah itu ada area persawahan,” imbuhnya.

Sementara itu, Aam mengimbau kepada masyarakat Kota Banjar khususnya yang membutuhkan pertolongan dalam keadaan darurat bisa langsung melapor ke ke Kantor Pemadam Kebakaran menghubungi nomor Call Centre +62 812-9218-9579. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)