Beranda Berita Nasional 1450 Tenaga Kesehatan di Kota Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19

1450 Tenaga Kesehatan di Kota Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi-Covid-19.jpg

harapanrakyat.com – Sebanyak 1450 tenaga kesehatan di Kota Bandung, Jawa Barat, segera menjalani proses vaksinasi Covid-19. Hal tersebut untuk mencegah tenaga kesehatan terpapar virus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, seluruh fasilitas layanan kesehatan di Kota Bandung telah bersiaga. Hal itu seiring munculnya kasus Covid-19 di Kota Bandung.

Terkait vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan ini, kata Anhar, Dinas Kesehatan Kota Bandung telah menerima 290 vial vaksin dari Pemprov Jabar.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Cimahi Catat Selama 2023 Terdapat 433 Kasus Covid-19

“Kami memprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang vaksinasinya belum lengkap, belum empat kali. Rencananya pekan ini kami mulai menyisir,” ungkapnya di Kota Bandung, Selasa (19/12/2023).

Ia menuturkan vaksin tersebut akan ia distribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan di Kota Bandung. Dengan harapan, kata Anhar, seluruh tenaga kesehatan dapat melengkapi vaksinasi Covid-19.

Selain itu, pihaknya akan mengajukan kembali penambahan vaksin kepada Kementerian Kesehatan. Mengingat selain tenaga kesehatan, maka prioritas lainnya adalah lansia (lanjut usia) dan yang memiliki komorbid.

“Kami akan mengajukan lagi (vaksin) harapannya 1000 vaksin. Karena tampaknya masyarakat juga sudah banyak yang menanyakan kepada kami (terkait vaksinasi),” ujarnya.

Selain vaksinasi, baik untuk masyarakat maupun tenaga kesehatan, ia juga mengimbau setiap rumah sakit untuk menyediakan 10 persen ruang untuk pasien Covid-19. Sementara untuk laboratorium kesehatan, lanjutnya, sudah siap menerima untuk pelayanan tracing atau pelacakan.

Selain Vaksinasi, Terapkan PHBS Antisipasi Paparan Covid-19

Selain melakukan vaksinasi Covid-19, Anhar juga meminta masyarakat tetap menerapkan perilaku hidup sehat (PHBS). Hal itu untuk mengindari paparan virus.

Selain itu, ia juga mengimbau masyarakat tidak panik terkait adanya temuan kasus Covid-19 belakangan ini.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, Dinas Kesehatan Keluarkan Surat Edaran

Berdasarkan data Dinkes Kota Bandung, pada 18 Desember 2023, saat ini ada 51 kasus konfirmasi aktif. Dari jumlah tersebut sebagian besar merupakan kasus tanpa gejala. Sehingga sesuai arahan kemenkes yakni melakukan isolasi di rumah masing masing.

Sementara itu, ada 13 orang yang dirawat, dengan rincian satu orang bergejala berat, 8 orang bergejala sedang dan sisanya 4 orang bergejala ringan.

“Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga PHBS. Termasuk kewaspadaan dan kalau tidak perlu, maka hindari kerumunan, tapi jangan panik berlebihan. Kami tetap upayakan vaksinasi khususnya untuk tenaga kesehatan yang rentan terpapar Covid-19,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)