Beranda Berita Nasional 10 Pulau Kecil Paling Horor di Indonesia Sering Terdengar Teriakan Mistis

10 Pulau Kecil Paling Horor di Indonesia Sering Terdengar Teriakan Mistis

pulau-galang.jpg

Indonesia merupakan sebuah Negara kepulauan yang terkenal memiliki ragam wisata yang indah. Setiap pulau di Indonesia menawarkan ragam budaya dan pariwisatanya masing-masing. Namun, dibalik keindahannya terselip ragam kisah mistis yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Berikut ini adalah Pulau kecil paling horor di Indonesia

1. Pulau Tidung Kecil, DKI Jakarta

Pulau Tidung Kecil, DKI Jakarta
indonesia.go.id

Pulau kecil paling horor di Indonesia yang pertama adalah Pulau Galang yang berada di Batam, Kepulauan Riau. Pulau ini dikenal sebagai salah satu pulau yang dikenal bersejarah namun juga kental akan kisah mistis.

Sekitar tahun 1976 – 1996, pulau ini menjadi ruah bagi ribuan pengungsi Vietnam yang meninggalkan negaranya setelah perang. Banyak pengungsi yang beruntung sehingga bisa melanjutkan perjalanan ke Australia, Kanada dan Amerika Serikat. Namun, banyak juga pengungsi yang tidak beruntung. Merka dirampk, diperkosa dan dibunuh tak lama setelah tiba di pulau ini. Bahkan ada juga yang tewas karena bunuh diri. Hal inilah yang membuat Pulau Galang memiliki aura mistis, bahkan banyak pelaut mengaku melihat pulau ini sangat gelap dan melihat penampakan tentara yang melambaikan tangan ke kapal yang lewat. Sekarang, Pulau Galang ini dibangun sebagai salah satu rumah sakit untuk merawat pasien Covid-19.

paket wisata murah

Romansa Hutan Pinus Samparona Baubau

Cara Tepis Lapar Di Unit Lapar Darurat Bang Doel

2. Pulau Tidung Kecil, DKI Jakarta

Pulau Tidung Kecil, DKI Jakarta
exploretidung.wordpress.com

Pulau Tidung Kecil yang berada di kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta ini juga masuk dalam daftar pulau kecil paling horor di Indonesia. Penamaan pulau ini berawal dari kisah seorang raja dari Suku Tidung, Kalimantan Timur, yaitu Raja Pandita yang diasingkan oleh Belanda pada masa penjajahan.

BACA JUGA:  Bappelitbangda Kota Banjar Ungkap Konsep Penataan Jalan Hamara Efendi

Setelah menjadi penduduk pertama disana, kemudian datang tetua yang terkenal dan memiliki gelar Panglima Hitam. Mereka berdua kemudian menghabiskan hidup mereka disana dan setelah meninggal dimakamkan di Pulau Tidung Kecil. Konon, kedua tokoh tersebut sering terlihat di kawasan Pulau Tidung Kecil ini, padalah pulau ini sama sekali tidak berpenghuni dan gelap.

3. Pulau Kelor, DKI Jakarta

Pulau Kelor, DKI Jakarta
ksmtour.com

Pulau kecil paling horor di Indonesia selanjutnya juga masih berada di kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, yaitu Pulau Kelor. Pulau seluas 28 hektar ini terkenal dengan Benteng Martello-nya yang terkenal sangat instagramable.

Benteng ini merupakan peninggalan VOC untuk berperang melawan Portugis pada abad ke-17. Benteng dan pulau ini pernah hancur akibat letusan dahsyat Gunung Krakatau di tahun 1883 dan menewaskan hampir seluruh tentara yang ada disana. Sekarang, Pulau Kelor ini terkenal memiliki aura mistis karena sering kali terdengar suara tentara berbaris dengan menghentakan kakinya di sekitar Benteng Martello ini.

4. Pulau Onrust, DKI Jakarta

Pulau Onrust, DKI Jakarta
wisato.id

Masih di kawasan Kapulauan Seribu, ada satu pulau lagi yang terkenal memiliki pemandangan alam menawan namun juga memiliki kisah mistis, yaitu Pulau Onrust. Sama halnya dengan Pulau Kelor, Pulau Onrust ini juga memiliki peninggalan Belanda yang terbengkalai.

Di pulau ini kamu bisa menemukan sebuah sumur tua dan makam yang terkenal angker. Konon, warga setempat sering mendengar suara-suara misterius dari kedua bangunan Belanda tersebut. Tak hanya itu, sering juga mereka melihat penampakan jendral dan noni Belanda yang melintas di pulau ini. Tak heran jika Pulau Onrust masuk dalam daftar pulau kecil paling horor di Indonesia.

5. Pulau Cipir, DKI Jakarta

Pulau Cipir, DKI Jakarta
exploreseribu.com

Pulau kecil paling horor di Indonesia yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Pulau Cipir. Pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu ini juga menyimpan kisah mistis sehingga membuatnya dikenal sebagai tempat yang angker.

BACA JUGA:  Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, DKUKMP Ciamis: Harga Grosir Masih Normal

Pulau Cipir dulunya pernah menjadi tempat karantina bagi penderita kusta, maka tak heran jika di pulau ini terdapat gedung rumah sakit yang terbengkalai. Sekarang bekas bangunan tersebut terlihat menyeramkan dan angker. Tak sedikit warga yang melintasi bangunan tersebut sering mendengar suara mita tolong dan merintih kesakitan. Konon, suara tersebut berasal dari para pasien yang tidak bisa diselamatkan.

6. Pulau Edam, DKI Jakarta

Pulau Edam, DKI Jakarta
tirto.id

Pulau Edam yang berada di Kepulauan Seribu ini juga menjadi salah satu pulau kecil paling horor di Indonesia. Pulau ini cukup jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga terkesan sepi.

Pulau kecil ini memiliki sebuah makam, yaitu makam dari Ratu Fatimah. Ratu Fatimah merupakan wali sultan yang dulu sangat dibenci oleh masyarakat pribumi. Kematian Ratu Fatimah ini masih menjadi misteri karena di Pulau Edam terdapat 2 kuburan dan masih belum diketahui makam mana yang menjadi miliknya.

7. Pulau Nusa Barong, Jawa Timur

Pulau Nusa Barong, Jawa Timur
ksmtour.com

Pulau kecil paling horor di Indonesia yang wajib untuk akmu smabangi selanjutnya adalah Pulau Nusa Barong. Pulau tak berpenghuni ini berada di wilayah Jember, Provinsi Jawa Timur.

Pulau Nusa Barong ini memiliki pemandangan yang indah, namun ada juga cerita mistis di baliknya. Konon, pulau ini dulunya sempat ramai penduduk sebelum diserang oleh Belanda. Masyarakat setempat percaya bahwa pulau ini dihuni oleh ular raksasa dan kerap dijadikan sebagai tempat untuk mereka yang ingin belajar ilmu hitam.

BACA JUGA:  Kronologi KDRT Lesti Kejora, Dicekik Hingga Dibanting Rizky Billar

8. Pulau Sempu, Jawa Timur

Pulau Sempu, Jawa Timur
pegipegi.com

Pulau Sempu memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, pulau tak berpenghuni ini menawarkan pemandangan segara yang indah di tengah hutan yang masih asri.

Pulau ini memang memiliki hutan yang cukup luas dan menjadi cagar alam. Konon, hutan ini dikenal sangat angker karena pernah menyesatkan wisatawan yang berniat jahat. Merekat tersesat di dalam hutan dan hanya berkeliling tanpa mengetahui arah hingga berhari-hari. Tak heran jika Pulau Sempu juga layak untuk masuk dalam daftar pulau kecil paling horor di Indonesia.

9. Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Pulau Kembang, Kalimantan Selatan
celebes.co

Kalimantan Selatan juga memiliki salah satu pulau kecil paling horor di Indonesia bernama Pulau Kembang. Pulau ini berada di Sungai Barito yang keberadaannya cukup misterius.

Pulau ini menjadi habitat monyet ekor panjang dan tak sedikit juga ada yang pernah melihat bekantan. Masyarakat setempat pun percaya jika Pulau Kembang ini terbentuk dari tenggelamnya kapal perang milik Belanda dan monyet-monyet yang hidup disana dianggap sebagai prajurit Belanda yang dikutuk oleh penunggu pulau tersebut.

10. Pulau Kumala, Kalimantan Timur

Pulaupaling horor di Indonesia
travelspromo.com

Pulau kecil paling horor di Indonesia yang terakhir adalah Pulau Kumala yang berada di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Pulau Kumala memang tak setenar pulau-pulau lainnya di Kalimantan, namun keindahannya tak boleh diragukan.

Pulau ini berada di tengah Sungai Mahakam dan menjadi salah satu destinasi wisata populer. Dibalik keindahan pulau ini, ternyata juga ada kisah mistisnya. Konon, di kawasan penginapan yang ada di pulau ini sering terlihat sosok seperti genderuwo dengan tubuhnya yang tinggi besar dan matanya merah.