Beranda Wisata Wisata Subang Wisata Curug di Subang

Wisata Curug di Subang

Curug-Mandala-via-IG-@hens4m.jpg

Curug di Subang – Subang adalah sebuah daerah yang ada di Jawa Barat yang punya keindahan alam yang sangat luar biasa. Subang selain disebut dengan kota nanas, Subang juga disebut sebagai kota sejuta curug.

Hal ini karena adanya banyak curug di Subang yang dijadikan destinasi wisata saat ini. Curug ini akan memberikan sensansi liburan yang sangat luar biasa menyenangkan.

Rekomendasi Curug di Subang

Kali ini Tempatwisataseru akan mengajak anda liburan ke air terjun yang ada di Subang yang punya keindahan luar biasa. Berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata curug yang ada di Subang wajib anda kunjungi, minimal sekali seumur hidup:

1. Curug Kaliangkak

Curug Kaliangkak via IG @budiman_16
Curug Kaliangkak via IG @budiman_16

Air terjun Kaliangkak berada di Desa Cicadas, Ciater Subang, Pada saat berada di tempat ini, Anda akan merasakan seperti sedang berwisata pribadi.

Hal ini karena tempat wisata satu ini memang belum banyak dikunjungi para wisatawan. Ketika Anda sampai akan langsung disambut dengan pemandangan air terjun dengan tinggi 5 meters yang sangat mengalir deras.

Selain itu, ada juga kolam cantik yang dikelilingi oleh tumbuhan paku yang membuat suasana menjadi asri. Inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan karena airnya yang biru dan bening,

Kolamnya yang jernih akan mengundang Anda untuk berenang dan juga bermain air di sana. Jika Anda takut berenang, tidak perlu tenggelam.

Kolam ini ke dalamannya 1-2 meter saja. Anda juga bisa menyewa bank atau pelampung untuk bisa bersantai menikmati segarnya air terjun Kaliangkak.

Lokasi: Desa Cicadas, Ciater, Subang

2. Curug Cileat

Curug Cileat Mongabay
Curug Cileat Mongabay

Curug Cileat lokasinya berada di kampung Cibago Desa Mayang Cisalak Subang, Air terjun ini merupakan air terjun terbesar dan tertinggi di kabupaten Subang.

Ketinggiannya mencapai 100 meter. Aliran airnya cukup deras. Oleh karena itu, Anda harus behati-hati saat berenang di wisata alam ini.

Air terjun Cileat mempunyai tingkatan berjumlah lima. Untuk bisa menuju tempat ini diperlukan tenaga yang cukup ekstra karena Anda harus mendaki jalan terjal terlebih dahulu. Meskipun begitu, rasa lelah akan terobati ketika sudah melihat air terjun ini.

LokasiDesa Cibogo, Cisalak, Gardusayang, Capunagara, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat

3. Curug Cibareubey

Curug Cibareubeuy
Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubey berada di desa Cibeusi Ciater Subang Jawa Barat. Air terjun ini mempunyai bentuk zig-zag yang sangat indah di kota Subang.

Selain dijadikan tempat wisata, area ini dikenal dengan sebagai tempat untuk selfir yang sangat hitz. Hal ini karena ada beberapa spot dianggap oleh anak muda sebagai tempat instagramble.

Spot tersebut berupa deck kay dan juga hammock. Anda bisa berselfi sembari menikmati pemandangan air terjun yang tingginya 40 meter dan dilengkapi dengan tumbuhan yang rindang sebagai latar belakang buat selfie.  Ada juga loh mitos yang beredar jika air terjun ini dapat mengobati berbagai macam gangguan penyakit.

4. Curug Ponggang

Curug Ponggang
Curug Ponggang via Youtube

Curug Ponggang adalah air terjun yang ada di perbatasan antara Subang dan Purwakarta. Lokasinya sangat tersembunyi di daerah Serang Panjang Subang, Anda harus melewati persawahan dan kebun untuk bisa sampai ke curug.

Suasana curug cukup sepi. Sehingga sangat cocok sekali dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan suasana tenang dan damai.

Di sini, Anda juga bisa berenang di bawah air terjun dengan santai karena arusnya tenang. Akan tetapi tetap hati-hati ya karena disekeliling kolam terdapat batu-batu yang tajam.

5. Curug Goa Badak

Curug Goa Badak via IG @amincun
Curug Goa Badak via IG @amincun

Curug Goa Badak ada di kawasan Capolaga Adventure Camp. Tempat ini dinamakan Goa Badak karena di dalamnya terdapat gua yang cukup besar. Ketinggian curug ini sekitar 8 meter.

Terdapat juga kolam dangkal yang bisa Anda gunakan untuk berendam atau sekedar bermain air. Pokoknya pemandangannya indah dan menyenangkan.

Lokasi: Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, Subang, Jawa Barat

6. Curug Cijalu

Curug Cijalu via IG @sbrekokok
Curug Cijalu via IG @sbrekokok

Air terjun Cijalu teremasuk air terjun yang indah dan sangat mempesona yang menjadi andalan di Subang. Curug ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan luar kota pada saat weekend atau liburan. Untuk sampai ke curug Cijalu Anda harus berjalan kaki sepanjang 1 km dari area parkir.

BACA JUGA:  5 Curug Terhits dan Paling Bagus di Subang, No. 2 Viral

Panorama di sekitar tempat ini sangat asri dan bersih. Ada juga jalan setapak yang ada di sekitar curug. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat monyet abu-abu berbuntut yang bergelantungan di pepohonan.

Lokasi: Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

7. Curug Ciangin

Curug Ciangin via IG @tazkiakamil
Curug Ciangin via IG @tazkiakamil

Curug Ciangin merupakan wisata air yang cukup indah dan sejuk. Area air terjun ini sering digunakan sebagai tempat untuk camping karena ada area camp site yang sangat luas.

Selain itu ada taman bermain dan juga ada kolam renang.  Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 9 meter dan kedalamannya mencapai 5 meters.

Di kawasan curug Ciangin juga terdapat sentra kuliner. Ada banyak pilihan makanan yang dijual dan rasanya juga enak. Biaya masuk ke Curug Ciangin adalah Rp. 10.000 dan parkir Rp. 5000.

Lokasi: Desa Cibeusi, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

8. Curug Sadim

Curug Sadim via IG @andrianwidi
Curug Sadim via IG @andrianwidi

Tempat wisata curug Sadim merupakan tempat wisata alam cukup bagus dan mempunyai air yang sangat jernih. Lokasinya berada tidak jauh kawasan perkebunan teh.

Sehingga suasananya sangat sejuk dan udaranya sangat bersih. Air terjun ini berasal dari mata air yang bening yang dijadikan sebagai sumber air bersih bagi penduduk sekitar.

Tiket masuk ke curug Sadim ini sangat murah yaitu hanya Rp.5000 saja, Sehingga tidak menguras kantong dan dijadikan sebagai objek wisata murah meriah.

Tempat ini juga ada fasilitas berkemah dan fasilitas lainnya seperti mushola dan juga kamar mandi yang sangat bersih dan terawat. Dari area curug, Anda bisa melihat pemandangan hamparan perkebunan teh.

Lokasi: Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

9. Curug Mandala

Curug Mandala via IG @hens4m
Curug Mandala via IG @hens4m

Curug Mandal adalah sebuah curug  di Subang yang sudah sangat terkenal. Maka tidak heran, destinasi wisata alam di Subang ini banyak dikunjungi pada saat weekend dan liburan panjang. Lokasinya tidak jauh dari kota Subang. Ciri yang khas dari air terjun ini adalah jalannya yang berbatu dan terjal.

Pemandangan di sekitar curug ini masih sangat asri dan alami. Selain itu, bentuknya yang bertingkat menjadi daya tarik yang unik. Anda juga akan disuguhkan pemandangan kebun teh yang sangat indah.

Lokasi: Sagalaherang, Subang, Jawa Barat

10. Curug Biru

Curug Biru via I'm Chenk_90
Curug Biru via I’m Chenk_90

Disebut dengan curug biru karena curug ini mempunyai air yang berwarna biru dan sangat jernih. Warna biru ini diperoleh dari pantulan batu yang ada di sekitar curug. Inilah yang membuat semua pengunjungnya jatuh cinta dan ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Selain itu, para pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan pemandian air panas Ciater yang berada di bawahnya. Anda juga bisa merasakan sensasi berkemah di sini.

Jika Anda lapar tidak usah khawatir karena sudah banyak warung makan dan juga fasilitas yang lengkap. Tempat parkirnya juga sangat luas.

  • Lokasi: Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281
  •  Jam Oprasional : 08.00 – 17.00
  • Harga Tiket Masuk : Rp. 5000,-

11. Curug Karembong Subang

Curug Karembong Subang via IG @beng_Abeng
Curug Karembong Subang via IG @beng_Abeng

Curug Karembong ada di Kampung Panaruban Cicadas Sagalaherang Subang Jawa Barat. Curug ini banyak disukai dan menjadi favorit semua orang karena suasananya yang sangat adem. Airnya sangat dingin dan sejuk. Jadi, sangat asyik berenang di area curug ini.

Curug Karembong banyak dikunjungi semua kalangan dari semua umur. Selain itu, ada berbagai macam tempat yang instagramble yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berselfi ria. Ada juga tempat camp yang tidak terlalu luas.

Lokasi: Kampung Panaruban, Cicadas, Sagalaherang, Cicadas, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

12. Curug Agung

Curug Agung
Curug Agung

Curug Agung adalah air terjun yang sangat rekomended. Curug yang juga disebut sebagai Batu Kapur. Air dari curug ini dipercaya sebagai air yang bisa digunakan sebagai media terapi untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan penyakit kulit.

Para penderita penyakit tersebut harus berendam di air maka penyakit kulitnya akan sembuh. Selain itu, berendam di air curug ini juga bisa dijadikan sebagai media relaksasi.

Di sekitar sudah ada banyak fasilitas misalnya saja penginapan, area camping, rumah makan dan beberapa tempat rekreasi untuk anak yang menyenangkan.

Untuk menuju curug Agung, Anda harus melewati Salagaherang yang di kecamatan Dawuan. Jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 32 menit dari pusat kota Subang. Tiket masuknya sebesar Rp. 10000.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Subang Terbaru & Terhits Dikunjungi

13. Curug Cina

Curug Cina via Ig @ali_habibi78
Curug Cina via IG @ali_habibi78

Curug Cina mempunyai keindahan yang banyak memikat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Banyak orang yang menyebut air terjun ini sama dengan air terjun Sungai Dunn yang berada di Jamaika.

Curug ini masih terbilang baru karena baru dibuka untuk umum pada tahun 2016. Akan tetapi sudah banyak pengujungnya.

Ada banyak wisatawan yang suka hunting foto karena suasanya sangat indah. Curug Cina ada desa Curugagung Kecamatan Sagalaherang Jawa Barat tidak jauh dari Bandung. Harga tiket masuknya adalah Rp. 5000.

Lokasi: Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

14. Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy
Curug Cibareubeuy

Wisata Curug di Subang selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah curug Cibareubeuy. Curug ini memiliki keindahan yang memukau, lokasinya dekat dengan pemandian air panas ciater yang sudah lama lebih dulu terkenal oleh masyarakat di luar Subang atau Bandung.

Air terjun yang eksotis ini punya ketinggian sekitar 40 meter dari tanah. Bentuk air curug ini terbilang unik, karena menyerupai bentuk zig-zag.

Untuk mencapai curug ini dari kota Bandung yakni melalui Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Sariater – Cibeusi.

Nah, untuk mencapai ke lokasi, wisatawan dapat memilih dua jalur trekking, bisa melalui hutan atau persawahan.  Seperti curug pada kebanyakan yang masih tersembunyi dari keramaian, curug Cibareubeuy ini letaknya masih tergolong di kawasan hutan dan jauh dari pusat keramaian. Namun rasa lelah yang Anda rasakan, akan terbayar dengan keindahan alam yang ada di sekitar curug tersebut.

Lokasi: Desa cibeusi, ciater, Subang, Jawa Barat , Indonesia

15. Curug Pandawa Lima

Curug Pandawa Lima via IG @ardin_ap
Curug Pandawa Lima via IG @ardin_ap

Curug Pandawa Lima berada tidak jauh dari curug Cibareubeuy dinama masih berada dalam satu jalur. Sehingga, wisatawan bisa langsung ke dua tempat wisata sekaligus.

Curug Pandawa 5 mempunyai suasana yang sangat alami dan juga fasilitas yang sangat memadai. Lokasinya berada di daerah Nagrak Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Jawa Barat.  Harga tiket masuknya sekitar Rp. 6000.

Lokasi: Ciater, Subang, Jawa Barat , Indonesia

16. Curug Masigit

Curug Masigit via IG @soewandi.29
Curug Masigit via IG @soewandi.29

Curug Masigit memberikan pemandangan alam yang indah dan tidak ditemukan di tempat lainnya. Hal ini karena air pada curugnya memiliki warna biru tosca yang nampak seperti Air laut. Selain itu, juga dikelilingi bebatuan yang menjulang tinggi yang membentuk kontur yang sangat indah dan unik.

Untuk bisa menikmati kesegaran curug ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak banyak. Hanya tinggal membayar tiket masuknya saja sebesar Rp. 5000 saja  sudah termasuk parkir.

Di sini juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti kamar mandi dan penyewaan pelampung bagi Anda yang ingin berenang. Lokasinya berada di daerah Pasanggrahan Kecamatan Kaomalang Subang.

Lokasi: Desa pesanggrahan, Kec. Kasomalang, Kab. Subang

17. Curug Cisaladah

Curug Cisaladah via IG @mala_kasa
Curug Cisaladah via IG @mala_kasa

Curug Cisaladah masih satu aliran dengan Curug Kaliangkak yang ada di Desa Nagrak Kecamatan Ciater. Lokasinya ini berada di sekitar pemukiman warga sehingga pengelolaannya belum terlalu maksimal.

Tapi tidak perlu khawatir, curug ini mempunyai pesona alam yang sudah tidak perlu diragukan lagi dengan air yang sangat jernih.

Ada banyak pepohonan yang ada di sekitar air terjun Cisaladah yang memberikan kesan alami. Sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk liburan.

Di bagian belakang area curug juga ada beberapa villa pribadi yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sehingga bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa menggunakannya.

Lokasi: Desa Nagrak, Kecamtan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

18. Curug Bentang

Curug Bentang via Jejak-arah.blogspotcom
Curug Bentang via Jejak-arah.blogspot.com

Curug di Subang berikutnya yang bisa kamu jadikan tempat liburan adalah curug bentang yang memiliki suasana yang menenangkan dan menyejukkan.

Lokasinya yang tersembunyi membuat tempat ini sangat cocok untuk kita yang ingin menghindari hiruk pikuk perkotaan yang begitu menyesakkan.

Curug ini menjadi tempat melepas penat dan beban kerja selama seminggu bagi para pekerja yang merasa jenuh dengan aktivitas hariannya.

Pemandangan yang sungguh luar biasa dari curug bentang ini pasti membuat siapa saja yang datang kesini betah berlama-lama menikmati pemandangan alam yang memukau.

BACA JUGA:  16 Makanan Khas Subang yang Terkenal Lezat

Curug ini memang lokasinya masih sangat tersembunyi, letaknya yang terpencil membuat kita mesti harus menyusui jalur cukup ekstrim dengan tanjakan yang tidak biasa. Tetapi ketika Anda sampai di lokasi, maka rasa lelah pun akan terbayar dengan panorama yang menakjubkan.

Lokasi:  Desa Cibitung, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Jangan lewatkan juga: Tempat Makan di Subang yang enak

19. Curug Cinangrang

Curug Cinangrang via IG @ramatmat
Curug Cinangrang via IG @ramatmat

Buat kamu yang liburan ke Subang, lebih tepatnya di Subang Selatan, maka curug Cinangrang ini adalah salah satu pilihan yang tepat.

Curug yang terletak di Daerah Bunihayu , Kec. Jalancagak ini punya ketinggian kurang lebih ± 100 meter. Lokasi curug ini dekat dengan goa dan pancuran air panas.

Jadi, kalau mengunjungi curug ini, kita bisa sekaligus mengunjungi goa dan pemandian air panas yang pasti sangat mengasyikkan sekali.

Air terjun ini juga sama dengan air terjun lainnya yang masih asri dan terjaga kealamiannya. Lokasinya yang masih berada di hutan membuatnya tetap terjaga keasliannya.

Lokasi: Daerah Bunihayu , Kec. Jalancagak, Subang

20. Curug Cikondang

Curug Cikondang via dyaiganov.wordpresscom
Curug Cikondang via dyaiganov.wordpress.com

Curug cikondang ini sudah sangat terkenal dikalangan pelajar. Curug ini kerap menjadi destinasi wisata bagi pelajar yang ingin mengadakan kegiana camping, baik itu bersama keluarga atau bersama rombongan sekolah.

Lokasi curug ini selalu ramai kalau musim liburan oleh keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama. Kita bisa melihat banyak keluarga yang menghabiskan waktu bersama ke curug ini pada tanggal-tanggal merah atau saat weekend.

Lokasi: Desa Cipancar, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang

21. Curug Cipeureu

Curug Cipeureu via Google Maps Agus Wachid
Curug Cipeureu via Google Maps Agus Wachid

Curug Cipeureu juga tidak kalah menarik untuk kita jelajahi untuk menghabiskan waktu liburan bersama rekan-rekan kerja atau keluarga tercinta.

Curug yang punya suasana alam yang asri dan masih terjaga ini butuh perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi curug ini.

Jalanan yang kita lalui akan sangat menantang, karena letaknya yang jauh dari pusat keramaian membuat akses lokasinya belum dibuat dengan baik.

Akses menuju lokasi baru bisa ditempuh oleh kendaraan roda dua saja, semoga kedepannya akan diperlebar sehingga wisatawan bisa dengan mudah menggunakan mobil untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Setelah itu, perjalanan wisatawan mesti dilanjutkan dengan berjalan kaki berkisar waktu 30 menitan. Karena letaknya yang sulit dijangkau membuat air terjun ini masih sangat alami dan bersih.

Lokasi: dawuan, Nagrak, Kec. Ciater, Kab. Subang.

22. Curug Cilaga

Curug Cilaga via IG @jalaludint91
Curug Cilaga via IG @jalaludint91

Curug CIlaga menjadi destinasi wisata alam di Subang yang mesti kamu kunjungi selanjutnya. Lokasi curug ini sendiri dekat dengan monumen perjuangan 45, sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Trekking perjalanan yang lumayan menantang membuat kita mesti harus menghela keringat yang cukup banyak, namun begitu sampai di lokasi curug, Anda akan disuguhi dengan panorama yang indah dan masih alami sehingga sangat cocok untuk istirahat bersama keluarga.

Lokasi: kampung Ciseupan, Cibuluh, Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang.

23. Curug Capolaga

Curug Capolaga Subang
Curug Capolaga Subang

Objek wisata alam yang mesti anda kunjungi selanjutnya adalah curug Capolaga yang hingga kini sudah terkelola dengan baik. Wisatawan bisa datang kesini dengan kendaraan bermotor, termasuk roda empat.

Sehingga curug ini menjadi salah satu tempat favorit bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Di sekitar curug juga sudah tersedia area parkir yang luas sehingga memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraan dengan aman.

Akses menuju lokasi curug yang cukup mudah membuat curug ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan curug dari dekat.

Curug ini juga menjadi salah satu spot seru untuk melakukan banyak kegiatan seru mulai dari camping, piknik, hingga berswafoto bersama kerabat atau keluarga dengan latar belakang air terjun yang indah.

Lokasi: Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Kec. Sagalaherang, Kab. Subang.

24. Curug Ciceregeng

Curug Ciceregeng via IG @robiqybon
Curug Ciceregeng via IG @robiqybon

Lokasi: kp. Batu kapur, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat , Indonesia

25. Curug Sawer

Curug Sawer via IG @dedyidey
Curug Sawer via IG @dedyidey

Lokasi: Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Segalaherang, Cicadas, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

***

Itulah tadi rekomendasi curug di Subang yang memiliki pemandangan yang indah. Jika Anda ke kota Subang jangan lupa mampir ke beberapa tempat wisata curug tersebut bersama keluarga atau orang terdekat.

Cek juga: Oleh-oleh Khas Subang