Beranda Berita Subang UMKM Subang Expo Libatkan Pentahelix, Ada Bazar Hingga Talkshow

UMKM Subang Expo Libatkan Pentahelix, Ada Bazar Hingga Talkshow

MoU-pentahelix.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustian Melalui UPTD PLUT Kabupaten Subang, mengelar Expo UMKM Subang di Halaman Gedung UPTD PLUT Kabupaten Subang pada Selasa (29/11/2022).

Expo UMKM tersebut dalam rangka Peningkatan kapasitas usaha mikro melalui pemasaran produk unggulan/temu bisnis yang dilaksanakan tanggal 29-30 November 2022. Dan juga akan dilaksanakan beberapa kegiatan dalam Expo UMKM Subang berupa Bazar Produk UMKM, Kuliner, Fashion, handycraft, Music dan Talkshow.

Menurut Kepala Dinas DKUPP Subang, Dr. Dr. Drs. Yayat Sudrajat, MM.M.Si, bahwa kegiatan ini progres yg berkesinambungan untuk para pelaku UMKM Subang dalam mengembangkan potensi.

“UMKM Subang Memilik potensi yang luar biasa, harus terus diupayakan untuk meningkatkan pemasaran karena memiliki produk dan potensi yang berbeda dengan daerah lain,” ucapnya.

Ditambahkan dia, bahwa kegiatan yang berlangsung dua hari ini dalam upaya mendorong pelaku UMKM dari tingkat desa hingga mampu ekspor dalam rangka meningkatkan derajat ekonomi para pelaku UMKM. Dan juga UPTD PLUT mengkolaborasikan berbagai gagasan demi meningkatkan kualitas produk UMKM yang ada di Kabupaten Subang.

BACA JUGA:  Buruh Subang Tuntut UMK Naik 13 Persen
Wabup Subang Agus Masykur saat mengunjungi salah satu stand di Expo UMKM Subang

“PLUT sudah berjalan produktif semoga kedepan disertai rumah kemasan, dengan upaya rekonsiliasi, komunikasi, dan edukasi pelaku UMKM yang terus berkolaborasi dengan DKUPP dan umkm yang ada di Kabupaten Subang sudah ada sebajyak 78 ribu UMKM,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Subang H.Agus Masykur menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi pentahelix demi meningkatnya kapasitas pelaku UMKM agar naik level.

“Saatnya naik kelas setelah kita melewati pandemi covid, demi mampu membanggakan keluarga kelompok dan kabupaten Subang” tuturnya.

Agus Masykur memberikan dukungan dan analogi sederhana, kesuksesan UMKM harus sepesat penularan covid-19. Dirinya juga menyampaikan permohonan untuk tetap berkolaborasi dengan Kemenkop dalam hal ini dengan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI.

BACA JUGA:  Cianjur Berduka, Kapolres Subang AKBP Sumarni Gercep Kirim Bantuan Sembako dan Tim Medis

“Saya hanya menegaskan kembali bahwa bantuan dari Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI melalui adanya gedung PLUT ini sudah produktif dan sangat optimal, namun rumah kemasan kami butuhkan” pintanya.

Disampaikan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI Dr.Yilius MA,bahawa dijaman sekarang ini Expo UMKM sangat perlu untuk pemasaran, karena ini salah satu langkah dalam mempromosikan Produk UMKM di kancah Lokal bisa disebut pemasaran Offline dan juga untuk pemasaran keluar bisa menggunakan Online keduanya sangat penting untuk pemasaran.

“Terkait pemasaran ini ada suatu persoalan yang di hadapi adalah keterbatasan kualitas sdm maka keterbatasan ini kita coba dengan mendirikan klab sebagai senter of excellent untuk orang orang umkm belajar dalam memasarkan produk dalam pendanaan dan lainnya,dan jangan lagi membuatkan gedung,karena di tiap.daerah sudah banyak yang kosong jadi sekarang ini persoalannya adalah isinya,instrukturnya,pelatihannya,dan konsepnya bukan lagi pelatihan pendampingan tapi harus bisa berkisanumbang,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Monitoring Vaksinasi Untuk Anak Usia 6 -11 Tahun, Bhabinkamtibmas Polsek Malausma Berikan Motivasi

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada yatim piatu dan dhuafa, kemudian Penyerahan Simbolis NIB dan Sertifikat Halal kepada Perwakilan 5 UMKM yang diserahkan oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop RI dan Wakil Bupati Subang yang didampingi oleh Kepala DKUPP Subang.

Dan juga Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pentahelix yang melibatkan Pemkab Subang, PLUT, Aliansi Wartawan Subang (AWAS) yang diwakili Sekretaris Ahmad Ripai, akademisi Aji Fauziana Ridwan selaku Kaprodi PGSD Univ Mandiri, komunitas, dan Ketua PHRi Ratna Kurniawan, serta disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Subang dan Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM RI. Serta peninjauan stand UMKM Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Subang, DPRD Subang Komisi II, perwakilan Unsur Forkopimda Kabupaten Subang, Ketua PHRI Kab. Subang dan tamu undangan lainnya.