Beranda Berita Nasional Toleransi Umat Beragama Warnai Perayaan Natal di Kota Banjar

Toleransi Umat Beragama Warnai Perayaan Natal di Kota Banjar

Natal.jpg

harapanrakyat.com,- Toleransi umat beragama warnai malam perayaan Natal di Gereja Katolik Santo Filipus, Lingkungan Jadimulya, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Hal itu terlihat saat warga yang beragama muslim mendatangi halaman gereja dan memberikan sebuah kue sebagai bentuk toleransi beragama.

Ketua Stasi Gereja Katolik Santo Filipus Kota Banjar, Agustinus Edi Djoko Santoso, mengatakan, setelah melaksanakan kegiatan di dalam gereja, ia kaget karena tiba-tiba banyak warga di depan.

BACA JUGA:  Sultan Subang Mundur dari Jabatan Kunci di BEBS, IPPE, ZATA

“Jujur saya terkejut sekali, karena ini surprise sekali. Saya benar-benar tidak tahu ada acara seperti ini,” ungkap Agustinus, Minggu (24/12/2023).

Lanjutnya mengatakan, pada perayaan Natal tahun lalu, warga juga memberikan kejutan. Hanya saja kejutan kali ini cukup meriah.

Baca Juga: Ketupat Natal Wujud Toleransi Beragama Komunitas Gusdurian di Banjar

“Ini yang kedua kalinya diberi kejutan. Tapi ini adalah yang paling bagus menurut saya, karena ada tarian tradisional dan yang lainnya,” terangnya.

BACA JUGA:  Review Infinix Note 40 Pro, HP Gaming Murah Tapi Monster

Agustinus menambahkan, sebagai umat Kristiani ia merasa bangga dan dihargai oleh masyarakat setempat dengan adanya toleransi tersebut.

“Kami sangat bangga sekali karena warga di sini masih bisa menerima kami semua untuk merayakan Natal,” ucapnya.

Ia berharap, toleransi beragama, khususnya di Kota Banjar, bisa terus terjaga untuk menciptakan suasana kerukunan meskipun berbeda keyakinan.

BACA JUGA:  Yusril Ihza Mahendra: Hak Angket Tak Bisa Batalkan Hasil Pilpres

Sementara itu, warga Bobojong, Lingkungan Jadimulya, Ernawati, menyampaikan bahwa hal tersebut untuk menunjukkan rasa toleransi dan persaudaraan antar umat beragama.

“Ini merupakan inisiatif warga Bobojong untuk menunjukkan toleransi dan rasa persaudaraan. Kami turut bersuka cita bagi saudara kita yang merayakan Natal. Sama seperti halnya mereka larut bergembira bersama kami saat perayaan lebaran,” jelasnya. (Sandi/R3/HR-Online/Editor: Eva)