Beranda Berita Nasional Tanggul Irigasi Jebol Ancam Area Persawahan di Kertahayu Ciamis

Tanggul Irigasi Jebol Ancam Area Persawahan di Kertahayu Ciamis

Tanggul-Irigasi-Jebol-Ancam-Area-Persawahan-di-Kertahayu-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Meluapnya sungai Citalahab membuat tanggul saluran irigasi di Dusun Tamansari, Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jabar jebol. Debit air sungai Citalahab meningkat setelah hujan deras yang terjadi sejak kemarin sampai hari ini, Rabu (26/10/2022).

Akibat dari jebolnya tanggul Ranca Pasung tersebut, para petani kini merasa khawatir. Lantaran sebentar lagi akan menghadapi musim tanam.

BACA JUGA:  Komnas HAM Kawal Kasus Oknum Polisi "Smackdown"

Kepala Dusun Tamansari, Kusnadi mengatakan, jebolnya tanggul irigasi itu berdampak terhadap nasib para petani.

“Pasalnya, air dari saluran langsung masuk ke area Persawahan,” katanya kepada HR Online, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: 6 Rumah Warga Kertahayu Terendam Banjir Luapan Sungai Citalahab Ciamis

Ia berharap, agar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy untuk segera memperbaiki tanggul tersebut. Sebab menurutnya, jebolnya tanggul itu sangat lebar.

BACA JUGA:  Kejagung Periksa Istri Tersangka Lembaga Pembiayaan Ekspor

“Kalau tidak BBWS memberikan bantuan karung sebagai upaya penanganan dini untuk membendung tanggul yang jebol ini,” harapnya.

Kusnadi berujar, jika tanggul irigasi yang jebol tersebut tidak segera ada perbaikan, maka ia memastikan area Persawahan akan mendapatkan masalah. Sehingga tentunya akan sangat merugikan para petani.

Diberitakan sebelumnya, luapan sungai Citalahab juga merendam enam rumah warga di Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, pada Selasa (25/10/2022) malam tadi.

BACA JUGA:  Terus Dulang Medali, Herdiat Yakin Ciamis Finish 10 Besar Porprov Jabar 2022

Akibatnya, keluarga korban yang rumahnya terendam banjir terpaksa harus mengungsi ke ruang kelas SMPN 2 Pamarican dan masjid. (Suherman/R5/HR-Online/Editor-Adi)