Beranda Berita Nasional Tahun 2022, Desa Siaga Aktif di Ciamis Meningkat

Tahun 2022, Desa Siaga Aktif di Ciamis Meningkat

Desa-Siaga-Aktif-di-Ciamis-Meningkat.jpg

harapanrakyat.com,- Desa Siaga Aktif tahun 2022 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2022, Desa Siaga Aktif di Ciamismencapai 41,13 persen atau sebanyak 109 Desa dari yang ditargetkan 40 persen. 

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, dr Yoyo pada acara pertemuan advokasi peningkatan peran pemberdayaan masyarakat, Rabu (28/12/2022) di Hotel Tyara Plaza Ciamis.

BACA JUGA:  Curug Ciwatin Tasikmalaya, Trekking Hanya 5 Menit

Menurutnya, Desa Siaga Aktif di Ciamis tahun 2020 mencapai 28 persen dari target 30 persen. Sedangkan tahun 2021 itu sebesar 32 persen dari 35 persen. 

“Tentunya ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Karena saat ini Desa Siaga aktif mencapai 41,13 persen dari target 40 persen,” tuturnya.

Yoyo mengapresiasi capaian tersebut karena telah bersinergi dengan semua pihak dari mulai DPMD Ciamis serta Pemerintah Desa di Kabupaten Ciamis. 

BACA JUGA:  Diduga Upaya Penculikan Anak Terjadi di Ciamis, Menimpa Siswa Kelas 4 SD

Baca Juga: Tahun 2022: 688 Warga Ciamis Terjangkit DBD, 8 Orang Meninggal

Sementara itu, Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Ciamis, Wasdi Ijudi membuka secara langsung kegiatan pertemuan advokasi peningkatan peran pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan.

Wasdi mengatakan, kegiatan Desa Siaga sangat penting sebagai perwujudan dari upaya peningkatan IPM atau indeks pembangunan manusia. 

BACA JUGA:  RBK Kota Banjar Raih Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustakaloka dari Perpusnas

“Salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat, dan bisa membangun masyarakat yang sehat dan juga produktif,” katanya.

Sementara itu, Kabid Kesmas pada Dinas Kesehatan Ciamis, Eni Rochaeni menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk komitmen bersama dalam mewujudkan kemandirian masyarakat dan meningkatkan derajat hidup sehat.

“Serta dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri terutama dalam bidang kesehatan,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)