Beranda Berita Nasional Seminggu tak Hujan, BPBD Ciamis Langsung Distribusikan Air Bersih 

Seminggu tak Hujan, BPBD Ciamis Langsung Distribusikan Air Bersih 

Seminggu-tak-hujan.jpg

harapanrakyat.com,- BPBD Kabupaten Ciamis kembali menyalurkan air bersih untuk masyarakat yang kekurangan air. Pasalnya, sudah seminggu ini wilayah Kabupaten Ciamis tidak turun hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Dadang Darmawan membenarkan bahwa pihaknya beberapa hari ini telah mendistribusikan air bersih kepada warga yang kekurangan air.

“Kemarin ada tiga Desa yang meminta distribusi air bersih, yakni Desa Cigayam, Banjaranyar dan Desa Karangkamulyan. Ada sekitar 5.000 liter lebih air yang telah kita distribusikan,” katanya, Kamis (21/12/2023).

Dadang menjelaskan, mengenai satu Minggu ini yang tidak hujan, secara teori kalau wilayah Utara itu memang seharusnya ada hujan. Namun sekarang sudah tidak merata lagi hujannya. 

Bahkan, ada beberapa daerah di kabupaten/kota yang saat ini masih kering belum ada turun hujan.

“Memang BMKG saat ini belum memberikan penjelasan. Jadi memang teorinya saat ini sudah masuk musim hujan,” jelasnya.

Menurutnya, meskipun saat ini sudah masuk siaga darurat banjir dan longsor, tapi memang karena kondisi saat ini ada beberapa desa yang kekurangan air bersih. 

“Kita antisipasi, tapi memang beberapa waktu lalu juga ada beberapa titik terjadi longsor, meskipun tidak banjir,” tuturnya.

Dadang menambahkan, ketika mendapatkan laporan di beberapa daerah kekeringan, pihaknya langsung melihat kondisi air sumur. Ternyata benar, banyak yang sudah mengering.

“Jadi benar yang meminta ke kami itu sumur-sumurnya masih kering. Jadi kepada masyarakat, kami masih menerima laporan. Apabila ada yang kekeringan, tinggal kirim pengajuan kepada kami, nanti kita akan distribusi air bersih,” pungkasnya. (Feri/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)