Beranda Berita Nasional Rumah Semi Permanen di Cilendek Tasikmalaya Hangus Terbakar

Rumah Semi Permanen di Cilendek Tasikmalaya Hangus Terbakar

Api.jpg

harapanrakyat.com,- Sebuah rumah semi permanen di Cilendek, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, hangus terbakar. Api dengan cepat meratakan bangunan rumah tersebut.Peristiwa itu pada Jumat (22/12/2023) malam, sekitar pukul 21.05 WIB.

Rumah yang terbakar itu berada di Jalan Cilendek, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Belum diketahui penyebab kebakaran rumah itu. Beruntung tidak ada korban dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan Dani, penjaga rumah, peristiwa itu terjadi ketika dirinya sedang memasak di bagian belakang rumah dan melihat asap yang sangat pekat dari arah depan rumah.

“Saat saya cek ternyata api sudah membesar dan melahap sebagian bangunan rumah. Tapi karena objek yang terbakar mayoritas kayu sehingga api sangat sulit untuk dikendalikan. Saya pun langsung menghubungi Damkar Kota Tasikmalaya untuk segera melakukan pemadaman,” tutur Dani.

Baca Juga: Rmah semi permanen Cilendek, Kota  Tasikmalaya, Jawa Barat, hangus terbakar. Api dengan cepat meratakan bangunan rumah tersebut.Peristiwa itu pada Jumat (22/12/2023) malam, sekitar pukul 21.05 WIB.

Baca Juga: Akibat Kebakaran Rumah, Seorang Warga di Ciamis Tewas 

Ia menyebutkan, rumah terbakar sekira pukul 21.05 WIB, dan mulai pemadaman pada pukul 21.32 WIB. Api baru bisa padam pada pukul 22.30 WIB. Sedangkan lamanya Pendinginan membutuhkan waktu puluhan menit tepatnya jam 22.45 WIB,” kata Dede, petugas Damkar Kota Tasikmalaya.

Ia menyebutkan, untuk penyebab kebakaran rumah belum dapat diketahui. Sedangkan tingkat kerusakan rumah yaitu rusak berat.

Damkar Kota Tasikmalaya menerjunkan tim regu 1 dan relawan, serta mengerahkan 1 unit Fire Truck dan 1 unit Water Supply. Kemudian, bantuan 1 unit Water Supply BPBD, dan 1 unit Ranger.

“Tindakan petugas regu 1 yang menjinakan si jago merah, melakukan operasional pemadaman secara menyeluruh di TKP sesuai SOP. Beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak merembet ke pemukiman warga lainnya,” pungkasnya. (Apip/R3/HR-Online/Editor: Eva)