Beranda Berita Subang Propolis SM: Manfaat, Kandungan, dan Dosis

Propolis SM: Manfaat, Kandungan, dan Dosis

5c14eb54c677f6c99ad788873e71a088.jpeg

KBRN, Bandung: Di masa pandemi seperti ini, daya tahan tubuh perlu dijaga agar badan tetap fit saat beraktivitas. Selain dengan menjaga aktivitas dan pola makan, obat atau suplemen yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah obat propolis sm.

Obat ini didapatkan dari getah tumbuh-tumbuhan yang dihasilkan oleh lebah. Propolis SM mengandung banyak vitamin sehingga dapat dikonsumsi sebagai antibakteri, antivirus, antijamur, anti peradangan, dan antioksidan.

Namun, jika ada gejala atau keluhan setelah mengkonsumsi obat ini, Anda dapat melakukan konsultasi dokter online untuk mengatasinya. 

Selain untuk daya tahan tubuh, propolis SM juga dapat digunakan untuk membantu meringankan dan mengobati penyakit lainnya. 

Berikut beberapa informasi mengenai propolis SM dari manfaat, dosis, dan efek sampingnya!

Fakta Obat Propolis SM

Propolis SM dihasilkan oleh lebah. Selain madu, lebah juga menghasilkan propolis yang berbentuk getah yang diambil dari tumbuhan. Sama seperti madu, propolis yang dihasilkan oleh lebah sudah digunakan sejak lama sebagai obat herbal.

Diketahui bahwa sejak zaman mesir kuno, obat herbal propolis SM ini sudah digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan bersifat antiseptik. Obat ini berasal dari tumbuhan Propolis Brasil yang mengandung senyawa fenol yang tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, antioksidan, dan anti peradangan.

Kini, propolis SM banyak dikonsumsi sebagai obat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan sering dikonsumsi oleh orang-orang yang banyak beraktivitas di luar rumah. Propolis SM ini termasuk dalam golongan obat herbal yang dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai suplemen tambahan.

BACA JUGA:  Kawasan Jalan Brraga Minim Tempat Sampah

Selain propolis dan madu, produk olahan lebah lainnya seperti beeswax dan bee pollen juga sering dikonsumsi sebagai obat herbal atau tradisional.

Keterangan Propolis SM

Berikut keterangan lengkap mengenai obat herbal propolis SM.

● Golongan: obat tradisional atau obat herbal

● Kelas: suplemen dan terapi tambahan; jamu; herbal

● Kandungan: cairan propolis Brasil 100 persen.

● Kemasan: boks, botol berisi 5 dan 10 ml

● Farmasi: CV Sami Mandjoer

● Harga Propolis SM: Rp80.000-90.000 per botol

Selain sebagai obat herbal, propolis juga dapat ditambahkan sebagai bahan tambahan pada pasta gigi, suplemen, salep atau losion, dan obat kumur. Sehingga, Anda dapat dengan mudah mengkonsumsi obat herbal yang satu ini.

Manfaat Propolis SM

Obat herbal propolis SM memiliki kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, magnesium, kalium, natrium, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Propolis SM juga mengandung minyak esensial serta antioksidan seperti polifenol dan flavonoid.

Dari kandungan-kandungan tersebut, propolis SM dapat dimanfaatkan sebagai:

● Membantu penyembuhan luka di kulit, termasuk luka bakar ringan. Propolis diketahui dapat bersifat sebagai antiradang, antibakteri, dan antijamur;

● Mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, sehingga meminimalisir risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke;

BACA JUGA:  Minyak Goreng Langka, Warga Rel Antri Demi Harga Murah.

● Mengatasi radang gusi karena bersifat antibakteri, maka dari itu, Anda dapat menemukan kandungan propolis di beberapa produk perawatan gigi seperti pasta gigi dan obat kumur;

● Meringankan nyeri dan pembengkakan pada sendi karena propolis bersifat antiradang;

● Menghambat pertumbuhan sel kanker karena bersifat antiradang, sehingga dapat membantu merawat sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas;

● Meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh tidak mudah terserang penyakit; dan

● Menjaga fungsi dan kesehatan otak, sifat antiradang dan antioksidan pada obat herbal propolis SM diketahui dapat mendukung proses perbaikan jaringan saraf dan otak, serta meningkatkan daya ingat.

Manfaat obat propolis SM ini banyak sekali, bukan? Namun, Anda juga tetap perlu mengkombinasikannya dengan pola hidup yang sehat seperti menjaga pola makan, istirahat yang cukup, serta berolahraga. Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran dan manfaat yang maksimal.

Petunjuk Penggunaan Propolis SM.

Cara konsumsi propolis SM sangat mudah. Obat ini biasanya dijual dalam bentuk cairan dalam botol tetes. Untuk mengkonsumsinya, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes propolis SM dengan air putih.

Untuk pemeliharaan, Anda dapat mencampurkan 2-3 tetes propolis dengan air putih. Sedangkan, untuk terapi, Anda dapat melarutkan 4-5 tetes propolis dengan air putih untuk khasiat yang lebih baik.

Sedangkan, untuk mengatasi dan menyembuhkan luka di kulit, Anda dapat langsung mengoleskan propolis pada kulit yang ingin disembuhkan. Jangan lupa untuk membersihkan area kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan propolis. Tunggu 5-10 menit hingga kering.

BACA JUGA:  Capten Wahyu Prihanto KPLP Dampingi Menhub Tinjau Pelabuhan Kaliadem Muara Angke Jakut

Efek Samping Propolis SM

Sebagai obat herbal yang sudah dikonsumsi sejak lama, belum ada efek samping yang membahayakan dari mengkonsumsi obat propolis SM. Namun, jika Anda merasakan beberapa gejala tertentu saat mengkonsumsi obat ini, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter.

Jika Anda memiliki alergi terhadap madu, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi obat ini karena berasal dari sumber yang sama.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam mengkonsumsi setiap obat-obatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk saat ingin mengkonsumsi propolis SM. Jika Anda memiliki kondisi berikut ini, ada baiknya untuk bertanya kepada dokter atau apoteker saat ingin mengkonsumsi propolis SM:

– Asma;

– Penyakit atau gangguan pendarahan, dikhawatirkan kandungan propolis SM dapat menyebabkan proses pembekuan darah;

– Untuk ibu hamil dan menyusui, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter yang menangani Anda;

– Propolis SM dapat digunakan pada orang-orang yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki masalah dengan imunitasnya; dan

– Pastikan produk sudah terdaftar dan memiliki nomor registrasi BPOM.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai fakta, kandungan, manfaat, dan cara konsumsi obat herbal propolis SM.