Beranda Berita Nasional Program Tepas Kemenkumham Jabar dan LPKA Bandung Meriahkan Hari Ibu

Program Tepas Kemenkumham Jabar dan LPKA Bandung Meriahkan Hari Ibu

Lapas.jpg

harapanrakyat.com,- Program Tepas Kemenkumham Jabar bersama Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung, mempertemukan Andik Pas (Anak Didik Pemasyarakatan) dengan keluarganya (sosok sang ibu).

Program Tepas (Tepang Sono) selalu digelar Kanwil Kemenkumham Jabar dan LPKA setiap tahun saat merayakan Hari Ibu.

Menurut sejarahnya, Hari Ibu berawal dari adanya Kongres Perempuan Indonesia ke-III yang berlangsung di Bandung tahun 1938.

Melalui Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1956, maka ditetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari nasional, dalam hal ini Hari Ibu.

Namun, bukan saja untuk merayakan kasih sayang seorang Ibu, tapi juga menjadi momen untuk mengapresiasi dan menghormati peran seorang ibu dalam kehidupan kita.

BACA JUGA:  Review Infinix Hot 40 Pro: HP Gaming Murah Terbaik

Mali Jumali selaku Kepala LPKA Kelas II Bandung, mengatakan, anak merupakan generasi penerus bangsa. Mereka punya masa depan yang ingin dicapai.

“Kami hadir untuk mengupayakan semua itu, sehingga anak didik pemasyarakatan kedepannya menjadi insan yang mulia. Baik di mata Allah SWT maupun dimata masyarakat,” kata Mali, Sabtu (23/12/2023).

Dalam pelaksanaan Program Tepas Kemenkumham Jabar dan LPKA Kelas II Bandung dihadiri langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jabar R Andika Dwi Prasetya. Hadir pula Itun Wardatul Hamro selaku Kepala Divisi Administrasi.

BACA JUGA:  Persiapan Menuju Duel Seru Persib vs Persija di Liga 1 2023/2024

Baca Juga: 228 Peserta Seleksi CPNS Lingkup Kemenkumham Jabar Jalani Tes WPFK

Program Tepas Kemenkumham Jabar, Ini Pesan Kakanwil

Kakanwil Kemenkumham Jabar berharap program Tepas tahun 2023 yang bertema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju,” dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh anak-anak di LPKA Bandung, untuk menghormati dan mengapresiasi peran ibu selama ini.

“Terima kasih telah melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini. Ibu adalah sosok yang tanpa diminta rela memberikan pelajaran kepada anak-anaknya. Anak- anak di LPKA bukanlah menerima hukuman. Tapi lebih kepada pembinaan agar Andik Pas bisa semakin baik pada masa mendatang, dan kelak menjadi pemimpin,” terang Andika.

BACA JUGA:  Siapa Hadi Tjahjanto? Dirumorkan Jadi Menko Polhukam di 2024

Pada kesempatan ini, pihak LPKA Kelas II Bandung juga memberikan kesempatan kepada keluarga Andik Pas untuk melaksanakan Tour The Area. Yang mana pihak keluarga berkesempatan melihat kegiatan keseharian Andik Pas saat menjalani kehidupan sehari-harinya di LPKA.

Melalui penilaian pihak luar bahwa LPKA Kelas II Bandung pada tahun ini dinobatkan sebagai lembaga ramah anak.

Oleh karena itu, Andik Pas harus tunjukan kemampuannya dengan prestasi. Dukungan seorang ibu sangat penting untuk mewujudkan cita-cita anak-anak menjadi manusia yang berguna dan berdaya guna. (Eva/R3/HR-Online)