Beranda Berita Nasional Persiapan Logistik Pemilu 2024 di Kota Banjar, Kotak Suara Mulai Dirakit 

Persiapan Logistik Pemilu 2024 di Kota Banjar, Kotak Suara Mulai Dirakit 

Persiapan-Logistik-Pemilu.jpg

harapanrakyat.com,- Mendekati hari pemungutan suara pemilihan umum 2024, KPU Kota Banjar, Jawa Barat mulai melakukan segala persiapan logistik, termasuk merakit kotak suara. 

Dalam persiapan itu KPU menargetkan akhir bulan Desember ini sudah 100 persen selesai.

Sementara itu, proses perakitan kotak suara untuk Pilpres dan Pileg tersebut berlangsung di Gudang Logistik KPU. Adapun lokasinya berada di Mekarharja, Kecamatan Purwaharja.

Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis mengatakan, dalam proses perakitan kotak suara tersebut melibatkan puluhan orang sebagai tenaga tambahan.

Selain merakit kotak suara, mereka juga memasangkan label stiker pada kotak suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif.

Sampai saat ini, kata Danial, pihaknya telah menerima 3.063 buah kotak suara dan 2.444 bilik suara untuk 611 TPS yang ada di Kota Banjar.

“Untuk logistik kalau kita presentasikan sudah hampir 60 sampai 70 persen,” katanya, Rabu (20/12/2023) lalu.

Menurutnya, logistik pemilihan umum itu terbagi menjadi tiga kategori. Dari tiga tersebut di antaranya kategori perlengkapan pemungutan suara, perlengkapan pemungutan suara lainnya, dan dukungan perlengkapan.

Ia menjelaskan, pihaknya masih menunggu jadwal pendistribusian untuk surat suara dan sampul.

“Kalau dilihat dari skenario KPU RI, bulan Desember ini harus sudah 100 persen masuk. Sehingga nanti kita bisa langsung pengelolaan nya seperti penyortiran dan baru distribusinya di bulan Februari,” jelasnya. (Sandi/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)