Beranda Berita Subang Pemkot Bandung dan Cimahi Sepakat Kerja Sama Tangani Masalah Perbatasan

Pemkot Bandung dan Cimahi Sepakat Kerja Sama Tangani Masalah Perbatasan

ccfbe29f86b15f7df740a3bc8fbca81f.jpg

KBRN, Bandung : Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjalin kerja sama dengan Pemkot Cimahi. Kerja sama di berbagai sektor ini, utamanya penuntasan sejumlah persoalan di wilayah perbatasan.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyatakan, khusus untuk masalah di perbatasan, kerja sama ini sebagai wujud komitmen penuntasan masalah dengan kolaborasi tanpa harus saling tuding kebijakan.

“Kerja sama dengan Pemkot Cimahi itu terutama kerja sama pembangunan yang beririsan di perbatasan,” ujar Oded setelah menandatangani kesepakatan bersama di Pendopo Kota Bandung, Senin (4/10/2021).

BACA JUGA:  Keren Nih !, Ada Promo Super July Super Happy Tridjaya Motor Pagaden

Oded menyebutkan, salah satu persoalan krusial yang membutuhkan kolaborasi antar pemerintah daerah yakni penuntasan masalah banjir.

“Misalnya urusan banjir di Cimindi. Jadi kita harus bersama-sama untuk menanggulangi itu,” paparnya.

Selain itu, Oded menambahkan, penguatan kolaborasi ini guna memberikan cerminan kepada pihak terkait lainnya. Karena di beberapa urusan tetap memerlukan kerja sama yang solid dengan pemangku kebijakan lainnya.

“Ada hal yang harus dikolaborasikan langsung oleh kita berdua. Tapi ada juga kerja sama yang harus melibatkan pemerintah provinsi. Seperti contohnya banjir di Cilember. Itu perlu bantuan juga dari provinsi dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai),” bebernya.

BACA JUGA:  Polsek Ciasem Gelar Razia Knalpot Bising

Sementara itu, Plt Wali Kota Cimahi, Letkol Inf. (Purn) Ngatiyana menyatakan, kerja sama ini sangat penting bagi masyarakat. Khususnya, bagi wilayah perbatasan yang memerlukan perhatian dari Kota Cimahi dan Kota Bandung.

“Dalam suatu lintas batas pemerintah daerah pasti ada kendala. Bagaimana kendala di irisan lintas batas ini harus ada kerja sama dan koordinasi yang baik. Apabila terjadi sesuatu di lintas batas itu perlu sinkronisasi,” katanya.

BACA JUGA:  Patroli Satres Narkoba Polres Majalengka Berhasil Amankan Ratusan Miras

Terkait penanganan banjir, Ngatiyana menilai perlu penanganan menyeluruh. Sehingga, kebijakan antar daerah sama-sama memberikan perhatian agar lebih merata.

“Menyelesaikan masalah dari hulu ke hilir. Kalau tidak dilaksanaan dengan baik akan menimbulkan masalah baru. Tentu perlu ada sosialisasi juga,” tandasnya.