Beranda Berita Subang Pemkab Subang Galakan Vaksinasi Sektor Industri

Pemkab Subang Galakan Vaksinasi Sektor Industri

rapat-sekda.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos M.Si menghadiri rapat teknis persiapan vaksinasi di perusahaan se-kabupaten Subang bersama KPED Jawa Barat dan APINDO Kabupaten Subang bertempat di Ruang Rapat Bupati II, Kamis (5/7/2021).

Sasaran vaksinasi Kabupaten Subang yang masih terbilang rendah dan dibawah rata-rata di Jawa Barat dengan presentasi baru 15% tercapai, terkait kondisi ini pemerintah terus berupaya mendorong program vaksinasi masyarakat Kabupaten Subang termasuk juga di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Subang. Dengan sasaran vaksinasi meningkat diharapkan dapat menurunkan level PPKM Kabupaten Subang yang saat ini kembali berada di level 4.

Sekda Subang menyampaikan diperlukan kerjasama semua pihak termasuk para pimpinan perusahaan-perusahaan untuk mencapai target indikator sasaran vaksinasi agar dapat merubah kondisi semakin membaik juga agar diberbagai aspek ekonomi daerah dapat berjalan kembali.

Perwakilan dari KPED Jawa Barat memaparkan beberapa teknis untuk menunjang progres vaksinasi di perusahaan-perusahaan secara massal yang terarah dan tertib sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan penumpukan antrian, seperti yang saat ini sedang dilakukan di perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang bekerjasama dengan APINDO setempat.

BACA JUGA:  Pengurusan SIM dan Surat Lainnya di Subang Wajib BPJS

Nantinya, KPED Jawa Barat beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dan Satgas Covid-19 Kabupaten Subang dibantu oleh APINDO Kabupaten Subang bersinergi untuk melaksanakan program vaksinasi di perusahaan-perusahaan Kabupaten Subang.

Teknisnya, APINDO bekerjasama dengan Perusahaan-perusahaan untuk mengumpulkan data pegawai yang akan di vaksinasi dan me-manage jadwal vaksinasi di perusahaan secara teratur.

Saat ini sudah ada 12 perusahaan di Kabupaten Subang yang menyerahkan data daftar penerima vaksin. Untuk mengefektifkan program vaksinasi di perusahaan-perusahaan, APINDO akan membagi beberapa wilayah zonasi yakni wilayah barat, wilayah utara, wilayah timur, dan wilayah selatan. Diharapkan ada target minimal 2000 orang yang di vaksinasi. Sasaran vaksinasi ini tidak hanya untuk para pegawai perusahaan namun juga dengan masyarakat setempat.

BACA JUGA:  ASN di Subang Diwajibkan Beli Beras ke BUMD PT SS

Sekda pun memberikan instruksi dan arahan kepada para Camat di Kabupaten Subang untuk menentukan lokasi vaksinasi massal termasuk dengan perusahaan-perusahaan yang terdapat di daerahnya dan terus mensosialisasikan vaksinasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi terdapat 5 kelompok, pertama untuk tenaga kesehatan dari target 4.291 sudah di vaksin 5.839 orang atau sekitar 136,10% dan akan ada vaksin dosis ketiga khusus untuk tenaga kesehatan menggunakan vaksin moderna yang akan dimulai minggu depan, yang kedua adalah lansia dari target 140 ribu baru sekitar 9% yang sudah di vaksin yakni baru 3.142 orang, yang ketiga adalah pelayanan publik dari target 60 ribu orang sudah 107ribu orang atau 176%, dan yang ke empat adalah masyarakat umum dan rentan baru 96.697 baru 10,4% yang sudah di vaksinasi dari target yang hampir 1 juta orang, dan yang terakhir adalah vaksinasi untuk remaja yang baru sekitar 2.500 orang. Jadi dari total 256 juta target vaksin baru sekitar 15.32% tercapai untuk Kabupaten Subang.

BACA JUGA:  Berikan Perhatian kepada Lansia, Pemkot Bandung Hadirkan Sekolah Lansia

Dengan antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi yang semakin banyak, Pemerintah Kabupaten Subang pun berharap kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk menyalurkan jumlah vaksin lebih banyak lagi untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Subang.

Kemudian untuk target vaksinasi di perusahan-perusahaan, diharapkan APINDO Kabupaten Subang dapat segera membantu mensosialisasikan dan mengumpulkan data dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Kesehatan, Kalak BPBD, ketua APINDO Kabupaten Subang, beberapa camat di Kabupaten Subang dan beberapa perwakilan dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Subang.