Beranda Berita Nasional Panwascam Pangandaran Intens Awasi Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Panwascam Pangandaran Intens Awasi Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Panwascam-Pangandaran-Intens-Awasi-Pendistribusian-Logistik-Pemilu-2024.jpg

harapanrakyat.com,- Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pangandaran, Jawa Barat, terus kawal dan awasi pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Pengawasan melekat tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh proses pada tahapan pemilu berjalan sesuai regulasi. Selain itu, tepat jenis, jumlah, kualitas serta tepat waktu.

Ketua Panwascam Pangandaran Sutiono mengatakan, dari hasil pengawasannya, bahwa pendistribusian logistik di Kecamatan Pangandaran baru sampai ke tahapan persiapan.

“Di antaranya menyiapkan gudang untuk penyimpanan logistik pemilu 2024,” katanya kepada harapanrakyat.com, Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, pada proses pengadaan dan pendistribusian logistik Pemilu 2024 yang menjadi fokus pengawasan Panwascam Pangandaran, yakni tepat jumlah.

Kemudian, tepat standar jenis, bentuk, ukuran, dan spesifikasi. Selanjutnya, kualitas, tepat waktu, dan tepat tujuan.

Selain itu, juga mengawasi beberapa jenis logistik seperti kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS/TPSLN.

“Juga dukungan perlengkapan lainnya, seperti mulai dari sampul kertas sampai alat bantu tunanetra,” ujarnya.

Pihaknya juga memastikan, bahwa Sekretariat PPK Kecamatan Pangandaran sudah memenuhi standar atau belum. Standar tersebut baik dari segi kondisi dan keamanan gudang.

Sementara dalam upaya pencegahan, Panwascam Pangandaran juga melakukan inventarisir data jumlah dan kelengkapan logistik yang dibutuhkan, yang tersebar di 172 TPD di 8 desa.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemetaan potensi dugaan pelanggaran, yang dapat saja terjadi ketika proses pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Masih menurut Sutiono, Bawaslu Pangandaran juga telah mengeluarkan surat imbauan kepada KPU, agar proses distribusi logistik sesuai dengan jumlah, waktu, kualitas dan lainnya. Serta memastikan keamanan dalam pendistribusian dan penyimpanan logistik tersebut.

“Sehingga kita harapkan nantinya proses pendistribusian logistik tepat dan sesuai dengan SOP atau regulasi,” katanya. (Madlani/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)