Beranda Berita Nasional Mobilitas Tinggi Jelang Nataru, Dishub Cimahi Gelar Uji Kelaikan Kendaraan Umum

Mobilitas Tinggi Jelang Nataru, Dishub Cimahi Gelar Uji Kelaikan Kendaraan Umum

Uji-Kelaikan-Kendaraan-Umum.jpg

harapanrakyat.com – Tingginya mobilitas menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Jawa Barat, menggelar uji kelaikan kendaraan umum. Hal tersebut untuk meminimalisir angka kecelakaan saat libur Nataru.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Ruswanto menjelaskan, pihaknya akan rutin menggelar uji kelaikan kendaraan umum seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat.

“Mobilitas masyarakat mulai meninggi. Ini terlihat dari jumlah tiket angkutan umum yang sudah terjual. Puncaknya akan terasa jelang akhir pekan sekarang sampai tahun baru nanti,” kata Riswanto, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga : Tidak ada Larangan Berkerumun di Kota Bandung Jelang Nataru

Selain Dishub Kota Cimahi, petugas uji kelaikan kendaraan umum ini terdiri dari gabungan yakni dari unsur kepolisian dan TNI. Petugas gabungan ini, kata Ruswanto, akan melakukan pemeriksaan terhadap moda transportasi umum seperti bus antar kota, armada travel, sampai mobil angkutan barang.

“Kendaraan yang kami periksa dalam uji kelaikan ini adalah moda transportasi angkutan umum. Ini untuk memastikan keselamatan para penumpang dan para pengguna jalan lain. Kami harus memastikan moda transportasi umum ini laik jalan,” ucapnya.

Dinas Perhubungan Kota Cimahi, kata Ruswanto, melakukan langkah antisipasi dan beberapa persiapan menjelang libur Nataru ini.

“Kami telah lakukan persiapan dari sisi petugas, kelengkapan jalan, dan lainnya. Ini dalam rangka antisipasi kemacetan. Demikian halnya juga dengan rekayasa situasi arus lalu lintas pada perlintasan jalan,” katanya.

Baca Juga : Jaga Pasokan BBM Jelang Nataru, Pemprov Jawa Barat Ajukan Tambahan Kuota

“Selain melakukan uji kelaikan kendaraan umum, kami juga menyiapkan berbagai upaya agar aktivitas masyarakat saat memanfaatkan Nataru ini aman dan nyaman,” ucap Ruswanto menambahkan. (Juhaeri/R13/HR Online/Editor-Ecep)