Beranda Teknologi Meralco Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Bersama Cloudera

Meralco Tingkatkan Kesuksesan Bisnis Bersama Cloudera

Meralco.jpg

review1st.com – Cloudera, perusahaan hybrid data, hari ini mengumumkan, perusahaan distribusi listrik terbesar di Filipina (Meralco), bekerja sama dengan Cloudera untuk memperkuat transformasi digital dengan memanfaatkan potensi lengkap data guna meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan.

Bersama Cloudera, Meralco ingin mencapai efisiensi operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Meralco berkomitmen menyediakan keunggulan layanan dengan memanfaatkan data—memasok listrik yang aman, stabil, dan andal bagi rumah, perusahaan, dan fasilitas penting Covid-19.

Guna memenuhi kebutuhan data yang semakin pesat, dan manajemen data yang lebih efisien, Meralco memerlukan platform data canggih yang mampu menangani volume dan kecepatan pengumpulan dan pembuatan data pada kanal daring, sistem manajemen rantai pasok listrik, dan lain-lain.

Dengan memprioritaskan pelanggan dan program transformasi digital, Meralco harus menerapkan solusi untuk menyimpan dan mengintegrasikan data dari berbagai jenjang organisasi sekaligus mengatasi kesenjangan data (data silo).

BACA JUGA:  Spesifikasi vivo V25e Buat Indonesia Diungkap

Dengan demikian, Meralco dapat memanfaatkan berbagai jenis data guna meningkatkan layanan pelanggan.

Maka, Cloudera bekerja sama dengan Meralco dan mengembangkan solusi yang dirancang khusus, yakni platform analisis unggulan yang mengolah data Meralco, serta menjalankan beragam model machine learning (ML).

Dengan Meralco Data Platform (MDP), Meralco meningkatkan waktu pemrosesan (turnaround time) untuk menyediakan layanan listrik. Meralco juga menambah tingkat kepuasan pelanggan dengan menganalisis kendala dan pertanyaan pelanggan.

Berkat MDP, Meralco mampu melakukan analisis prediktif (predictive analytic) sehingga meningkatkan identifikasi jalur sekunder untuk rehabilitasi dan gardu listrik yang kelebihan beban.

Model prediktif ini membantu kantor cabang menjalankan verifikasi lapangan dan perbaikan fasilitas secara tepat sasaran. Hasilnya, pemadaman listrik potensial dapat dicegah bagi hampir 200.000 pelanggan pada 2021.

BACA JUGA:  10 Power Bank 20000mAh Terbaik 2022, Kualitas Bagus

Berkat dukungan Cloudera, Meralco mampu mengatasi kesenjangan data pada jenjang organisasi, termasuk seluruh unsur dari kegiatan operasionalnya.

Hal ini memberikan visibilitas lengkap bagi Meralco untuk data relevan yang dapat dimanfaatkan guna mempelajari kebutuhan dan pola penggunaan pelanggan.

Dengan demikian, analisis tersebut dapat menyediakan lebih banyak peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan pada setiap titik interaksi, pengelolaan aset dan jaringan transmisi listrik, serta efisiensi operasional.

Meralco juga memanfaatkan MDP untuk melansir M-Wing, dasbor manajemen satu sumber (single-source management dashboard), yang dapat diakses secara daring lewat perangkat seluler, sebagai pelaporan indikator kinerja utama.

Laporan tentang kinerja bisnis disajikan secara internal kepada Meralco dan Dewan Direktur, serta secara eksternal kepada investor dan media.

BACA JUGA:  Rekomendasi 5 Game Online Multiplayer di HP Android

“Dengan mewujudkan manfaat dari informasi hingga analisis, serta mengandalkan teknologi pintar yang terkoneksi pada seluruh jenjang organisasi Meralco, kami memperlihatkan cara untuk menghadirkan layanan yang luar biasa bagi pelanggan, memperingkas kegiatan operasional dari sisi internal, serta menciptakan peluang baru untuk inovasi—sepenuhnya memanfaatkan kekuatan data sebagai unsur penggerak pertumbuhan bisnis,” kata Rocky D. Bacani, First Vice President & Head, Information, Communication, Technology and Transformation, Meralco.

“Kami gembira mendukung Meralco dalam pemanfaatan data dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data yang bermanfaat baik bagi perusahaan dan pelanggan.

“Platform hybrid data management and analytics yang berskala luas dari Cloudera menyederhanakan data dan memaksimalkan nilai tambahnya pada seluruh siklus data,” ujar Remus Lim, Vice President, Asia Pasifik dan Jepang, Cloudera.