Beranda Berita Subang Mari Berkenalan Dengan Sistem Pendidikan Terpadu di Indonesia

Mari Berkenalan Dengan Sistem Pendidikan Terpadu di Indonesia

4.-Kotasubang.com_.jpg

KOTASUBANG.com – Sistem pendidikan terpadu menjadi kunci keberhasilan di beberapa negara maju. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh warga negara termasuk di Indonesia. Semakin bagus kualitas pendidikan di sebuah negara maka semakin baik pula sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkannya. Artinya akan memberikan kontribusi positif pada pembangunan bangsa dan negara.

Beberapa negara dengan di dunia yang dikenal memiliki indeks pendidikan bagus sudah lama menerapkan sistem tersebut. Sebut saja seperti Finlandia, Swiss dan Britania Raya untuk negara di Eropa. Sedangkan di Asia negara seperti Korea Selatan, Jepang dan Singapura sangat dikenal mempunyai sistem pendidikan yang berkualitas.

Negara lainnya kita bisa menyebutkan Kanada ataupun Selandia Baru. Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu terkait pengertian dari sekolah yang menerapkan pendidikan terpadu. Pengertian pendidikan terpadu menurut Undang-undang Kependidikan adalah sistem yang memadukan antara sekolah umum dan juga sekolah khusus. Secara garis besar pendidikan terpadu bisa juga diartikan sebagai pola pendidikan yang dilaksanakan dengan melibatkan semua elemen hidup ke dalam sistem pendidikan itu sendiri.

BACA JUGA:  Ratusan Hektar Lahan Pertanian di Garut Diserang Hama

Terpadu yang dimaksud adalah sistemnya, penerapan kurikulum dan peran serta masyarakat juga orang tua. Pengertian lainnya dari pendidikan terpadu adalah sistem pendidikan umum yang dipadukan atau diintegrasikan dengan pendidikan keagamaan. Sehingga lembaga sekolah yang telah menerapkan pengintegrasian antara sekolah umum dan keagamaan dikatakan memiliki sistem pendidikan terpadu.

Tujuan Sistem Pendidikan Terpadu

Sistem pendidikan yang telah menggabungkan antara pendidikan umum dan keagamaan diharapkan bisa menjawab tantangan berat zaman sekarang. Harus diakui perkembangan zaman saat ini seiring dengan kemajuan teknologi bisa membawa dampak besar baik positif maupun negatif.

Pelaksanaan pendidikan terpadu di Indonesia secara umum bisa dikatakan memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan Pengetahuan dan Pemikiran Kreatif
BACA JUGA:  UKM Binaan Dahana Evan Art Gallery Unjuk Gigi Diajang Inacraft 2022

Kalau ingin sebuah negara mengalami kemajuan maka perbaiki dulu kualitas SDM yang ada. Bagaimana caranya? Tentu saja yang paling efektif adalah melalui sekolah dimana para generasi calon pemimpin masa depan sedang mendapatkan pendidikannya. Sekolah yang telah menerapkan sistem pendidikan terpadu diharapkan lebih bisa menghasilkan individu yang berkualitas sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM.

Siswa akan dididik bukan hanya sekedar teori saja melainkan didorong untuk menjadi berpikir kreatif agar bisa menemukan ide-ide baru yang inovatif. Dengan begitu maka dia bisa menguasai ilmu dengan baik dan mengembangkan teknologi yang telah ada. Jika SDM yang dimiliki telah mampu berpikir kreatif, inovatif serta menemukan teknologi yang baru maka tidak akan kalah dengan negara lainnya. Kedepannya generasi muda kita akan memiliki daya saing yang sama dengan SDM dari negara lainnya.

  1. Membentuk Generasi Berakhlak Mulia
BACA JUGA:  Rangkaian Enduro Race & Green Adventure, Pandam III Siliwangi Tinjau Baksos Kodim 0605 Subang di Desa Dawuan Kidul

Seperti sudah dikatakan di awal bahwa pendidikan terpadu adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan umum dan keagamaan. Mengapa pendidikan agama menjadi hal yang sangat penting? Kita tentunya tidak mau anak-anak menjadi orang yang pandai namun lupa tentang konsep ketuhanan dan akhirat.

Pendidikan agama diberikan agar tidak terjadi apa yang disebut dengan “lost generation” dimana anak-anak hanya pandai ilmu duniawi saja namun sudah kehilangan akhlak yang bagus. Pendidikan terpadu diterapkan untuk membentuk generasi yang pandai secara keilmuan dan memiliki akhlak mulia.

Sistem pendidikan terpadu juga telah diterapkan pada sebuah sekolah SMA unggulan di Jawa Barat yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School). Tujuannya adalah untuk mencetak generasi yang pandai secara keilmuan serta memiliki akhlak yang mulia.