Beranda Berita Nasional Local Media Summit 2022, Pertemuan Media Lokal Terbesar di Indonesia

Local Media Summit 2022, Pertemuan Media Lokal Terbesar di Indonesia

IMG_20221025_202811_jLI7D3665H_vSeUVTmC69.jpeg

Harapanrakyat.com,- Sebanyak 300 media lokal akan ikut dalam Local Media Summit 2022 secara langsung maupun daring. Event ini merupakan pertemuan terbesar dan pertama di Indonesia dan mendapat dukungan dari 20 lebih kolaborator.

Terdiri dari lembaga donor, kedutaan, perbankan, perusahaan, platform teknologi dan juga solusi teknologi terkemuka dunia. Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartanto bersama Menteri Pariwisata Sandiaga Uno bakal hadir dan membuka acara tersebut.

M Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional, juga akan membuka acara yang digelar di Gedung Perpustakaan Nasional Indonesia, Jakarta.

100 media lokal lebih mendapat pembiayaan guna mengikuti acara Local Media Summit 2022. Adapun beberapa agenda dalam acara ini, yakni sembilan workshop, dua konferensi, sharing discussion, coaching clinic yang berlangsung pada 29-30 Oktober 2022. Ada pun sesi Networking Night yang berlangsung pada 27 Oktober 2022.

BACA JUGA:  Paus Terdampar Dibawa Warga, Ini Kata KKP

Suara.com yang menjadi penyelenggara kegiatan ini mengapresiasi semangat peserta yang telah mendaftar. Serta sejumlah permintaan dari berbagai pihak dalam upaya membantu ikhtiar dalam menggairahkan ekosistem media digital Indonesia.

Baca Juga: Local Media Summit 2022, Gerbang untuk Jawab Tantangan Media Siber Lokal di Indonesia

CEO Arkadia Digital Media, penerbit portal Suara.com, Suwarjono mengaku terkesan atas antusiasme media lokal yang telah mendaftar.

“Luar biasa. Teman-teman media lokal menginginkan berkembang dengan isu-isu kekinian. Baik model bisnis, konten, teknologi, distribusi hingga investasi atau permodalan. Ini penting guna menentukan nasib media digital masa mendatang. Model Baru serta adaptasi pengelolan media lokal hadapannya bisa mengemuka pada acara ini,” ujar Suwarjono, Senin (24/10/2022).

BACA JUGA:  Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Tasikmalaya Kepung Depot Pertamina

Pengelola media saat ini harus semakin kreatif. Terlebih dengan tantangan gempuran media sosial, agregatue serta platform mesin pencari. Banyak model bisnis supaya media tetap bertahan dan berkelanjutan.

“Pada forum ini juga mengajak kepada semua teman media lokal untuk kolaborasi, memberi manfaat dan tidak ada lagi era sendiri-sendiri,” kata Suwarjono.

Local Media Summit 2022 Jadi Proyek Percontohan Global IMS

Internasional Media Support (IMS) menyatakan acara ini membuat Indonesia jadi proyek percontohan global IMS pada proyek pada business viability media.

Eva Damayanti, Project Manager IMS untuk Indonesia, mengatakan dalam acara ini akan mendatangkan sejumlah ahli.

IMS bersama Suara.com yang menginisiasi kegiatan ini telah melakukan coaching, workshop dan mentoring bagi sejumlah media lokal Indonesia supaya mempunyai bisnis yang berkelanjutan.

BACA JUGA:  Romo Benny Ingatkan Pentingnya Membangun Konsolidasi Demokrasi¬†

Seperti mendatangkan Carl Javier, podcaster-entrepreneur dari Filipina yang berbicara tentang “Mencari Model Bisnis Podcast”. Ada juga Hendrik Grunnet, jurnalis veteran yang berbicara mengenai peluang monetidasi pada media sosial.

“Semoga dengan ini iklim bisnis media Indonesia bisa berkembang lebih hebat,” ucapnya.

Adapun sejumlah kolaborator yang juga menyediakan keahliannya dalam Local Media Summit 2022. Seperti pionir platform native advertising global, MGID, Dailymotion dan Amazon Web Service.

Sementara itu, Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia akan memberikan kisi-kisi mengenai kerja sama perusahaan dengan media lokal. Media lokal masih dapat mendaftar untuk ikut dalam kegiatan ini dengan mendaftar ke www.localmediasummit.com. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)