Beranda Berita Nasional Jembatan Amblas di Langkaplancar Pangandaran Bahayakan Pengguna Jalan

Jembatan Amblas di Langkaplancar Pangandaran Bahayakan Pengguna Jalan

Jembatan-Amblas.jpg

harapanrakyat.com,- Jembatan amblas di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akibat sudah lapuk dimakan usia. Amblasnya jembatan penghubung Kecamatan Langkaplancar-Kecamatan Cigugur menyebabkan akses warga menjadi terganggu.

Wawan Hermawan, salah seorang warga setempat mengatakan, hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya mengakibatkan jembatan di Dusun Girikarya, Desa Langkaplancar, Kecamatan Langkaplancar amblas.

BACA JUGA:  Biografi Ridwan Saidi, Sang Budayawan Multi Talenta

Ia menyebutkan, jembatan amblas terjadi pada Minggu (26/12/2022) siang, setelah hujan deras mengguyur wilayah Langkaplancar.

“Selain karena tergerus arus air sungai yang deras, amblasnya jembatan ini juga diduga karena kondisinya sudah lapuk dimakan usia. Pembangunan jembatan sudah lama sekali, bahkan sejak saya ingat, jembatan itu sudah ada,” tutur Wawan kepada harapanrakyat.com, Selasa (27/12/2022).

BACA JUGA:  Seorang Jemaah Asal Cianjur Meninggal di Madinah

Baca Juga: Warga Mekarsari Ciamis Dambakan Jembatan Penghubung Antar Dusun Lebih Representatif

Lanjutnya mengatakan, kondisi jembatan amblas di Langkaplancar sangat membahayakan para pengguna jalan. Terlebih posisi jalannya berbelok.

“Saat ini masyarakat hanya memberi tanda dengan kayu dan dedaunan agar para pengendara tidak terjebak,” imbuhnya.

Warga setempat berharap pemerintah segera merenovasi jembatan penghubung dua kecamatan tersebut.

BACA JUGA:  Parkir di Badan Jalan, Jadi Penyebab Kemacetan di Kota Bandung

Karena jika tidak segera mendapat perbaikan, warga khawatir kerusakan jembatan akan semakin melebar. Sehingga jalur Cigugur-Langkaplancar tidak bisa dilewati sama sekali.

“Untuk saat ini kendaraan masih bisa melewati jembatan tersebut. Tentunya harus esktra hati- hati, karena ada lobang cukup besar pada bagian pinggir jembatan tersebut,” pungkas Wawan. (Ceng/R3/HR-Online/Editor-Eva)