Beranda Teknologi Harga HP Realme dan Spesifikasinya, Yuk Intip!

Harga HP Realme dan Spesifikasinya, Yuk Intip!

harga-hp-realme-Framesira-Via-Shutterstock.jpg

Seperti yang kita tahu, banyak sekali brand yang saat ini mengisi pasar smartphone di Indonesia, mulai dari brand high-end seperti Apple, hingga brand yang mulai naik daun seperti Realme. Brand asal Tiongkok yang memulai sepak terjang mereka sebagai sub-merek Oppo ini mulai mendapat banyak peminat dari pasar tanah air, terutama karena harga HP realme yang terbilang murah untuk spesifikasi yang ditawarkan.

Nah, pada tulisan ini Qoala akan membahas tentang harga HP realme dan spesifikasinya. Jika kamu ada niatan menjadi pengguna dari merek HP satu ini, yuk simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang HP Realme

Sekilas Tentang HP Realme
Sumber Foto: Framesira Via Shutterstock

Realme adalah brand asal Tiongkok yang memproduksi berbagai jenis gadget, mulai dari ponsel, smartphone, tablet, laptop, gelang pintar hingga televisi. Perusahaan yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok ini pertama berdiri pada 4 Mei 2018 meskipun cikal bakalnya sudah muncul pada tahun 2010 sebagai Oppo Real.

Pada mulanya Realme merupakan sub-merek dari OPPO Electronics Corporation, yang kemudian menjadi sebuah perusahaan independen pada tahun 2018. Perpisahannya dengan sang induk perusahaan ditandai dengan pengumuman mundurnya Presiden Oppo divisi bisnis luar negeri, Bing Zhong Li (Sky Li). Pengunduran diri yang diumumkan di laman Weibo tersebut memang ditujukkan untuk mendirikan Realme sebagai merek independen.

Setelah bergerak di pasar Tiongkok, Realme pun melakukan ekspansi dan menargetkan pangsa pasar global termasuk ke negara-negara di Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara pertama yang dijadikan tempat debut Realme untuk kawasan Asia Tenggara.

Di tanah air, Realme pertama kali muncul di Jakarta dengan membawa tiga varian smartphone, yaitu Realme C1, Realme 2 dan Realme 2 Pro. Harga HP Realme yang terkenal murah dibandingkan para kompetitornya menjadikan brand ini cukup populer di Indonesia.

Pada Kuartil II 2019, untuk pertama kalinya Realme masuk ke daftar top 10 merek smartphone global. Seperti yang dilaporkan Counterpoint, lembaga analisis data Internasional, penjualan telepon genggam realme secara global pada saat itu adalah sebanyak 4,7 juta unit. Mereka mengalami peningkatan total penjualan sebesar 848% per tahun.

Keunggulan HP Realme

Selain melihat faktor harga HP Realme yang terkenal lebih terjangkau dari merek lain, Keunggulan dari HP keluaran Realme bisa dilihat dari berbagai aspek gawai lainnya, mulai dari segi desain, performa, kamera dan fitur.

1. Desain

Meski awalnya muncul sebagai sub-brand dari Oppo yang dirancang untuk mengisi pasar HP murah, namun dari pertama kemunculannya, Realme selalu menghadirkan desain yang terlihat mewah dan mahal. Bahkan bisa dibilang tampilannya bisa disandingkan dengan seri Oppo.

Beberapa seri dari brand ini memiliki warna yang berkilauan karena menggunakan bodi dengan pola diamond. Selain itu, pilihan warna yang dihadirkan cukup menarik dan tidak monoton seperti biru, merah dan sebagainya. Finishing bodinya juga selalu terkesan halus namun tetap solid dengan sudut tumpul yang nyaman di genggaman tangan layaknya smartphone kelas atas.

2. Performa

Melihat aspek performa, spesifikasi Realme juga tidak bisa dianggap remeh karena sudah didukung oleh prosesor apik seperti Qualcomm Snapdragon dan MediaTek. Kedua jenis chipset ini sudah dikenal memiliki kemampuan yang baik serta banyak digunakan untuk smartphone kelas premium.

Umumnya, chipset apik tadi akan dikolaborasikan dengan performa CPU octa-core dan juga GPU dari Adreno atau Mali, sehingga tak sebatas di kecepatan performa, HP Realme juga terbilang cukup baik dari segi grafis.

Berpindah ke kapasitas RAM, saat ini Realme telah membekali produk mereka dengan RAM berukuran cukup besar, misalnya saja di seri Realme X atau Realme 3 Pro. Kedua seri tersebut sudah memiliki pilihan RAM 4GB/6GB di mana kapasitas ini cukup bersaing di kelasnya.

3. Kamera

Tentu saja ketika membahas keunggulan smartphone masa kini, urusan kamera tak boleh dilewatkan. Realme menawarkan pengalaman fotografi yang ciamik melalui spesifikasi minimal dual camera pada bagian kamera utama produk mereka.

Resolusi kamera belakang dibuat cukup tinggi dan di bagian kamera depan alias kamera selfie memiliki resolusi minimal 12MP. Bidikan kameranya pun menjadi lebih baik karena Realme menghadirkan depth sensor pada komposisi kameranya. Selain itu, mereka juga menghadirkan fitur-fitur pendukung selfie yang oke.

Terlebih lagi pada beberapa seri, Realme juga menawarkan mode sticker untuk menambah opsi berkreasi lebih luas pada hasil jepretanmu. Lalu untuk kebutuhan video, produk-produk dari Realme juga telah mendukung kualitas video resolusi tajam dan cukup baik.

4. Fitur

Semakin ke sini Realme semakin rajin menyematkan berbagai fitur menarik dan bermanfaat di seri HP terbaru mereka. Seperti misalnya fitur keamanan fingerprint sensor dan face unlock yang membuat produk mereka tidak kalah dari HP canggih masa kini.

BACA JUGA:  Mi 360° Home Security Camera 2K Raih Sertifikasi Keamanan dari BSI

Lalu ada juga fitur CABC (Content Adaptive Backlight Control) yang memungkinkan tampilan layar tetap terlihat meski di tingkat kecerahan rendah dengan menyesuaikan rasio kontras, sehingga membuat pemakaian daya baterai lebih hemat. Nah jika berbicara soal baterai, Realme juga membekali produk smartphone-nya dengan kapasitas baterai yang cukup besar, rata-rata lebih dari 4.000 mAh.

Daftar Harga HP Realme dan Spesifikasinya

Daftar Harga HP Realme dan Spesifikasinya
Sumber Foto: Framesira Via Shutterstock

Harga HP Realme terbaru saat ini tak jauh berbeda dengan harga realme terbaru 2021. Berikut adalah beberapa daftar harga smartphone Realme berikut dengan spesifikasinya:

1. Realme C31

Realme C31 hadir dengan Ultra Slim Dynamic Texture Design sehingga membuatnya tampak stylish dan dinamis. Dengan ketebalan hanya 8,4 mm membuat handphone satu ini menjadi yang paling tipis di kelasnya. Untuk pilihan warna, ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu Light Silver dan Dark Green.

Layar smartphone yang dibandrol di harga 1,5 jutaan ini menggunakan layar IPS LCD dengan luas 6,5 inch dan resolusi HD+. Pada layar tersebut terdapat notch berbentuk tetesan air untuk lokasi kamera depan yang menghasilkan rasio screen-to-body 88,7%.

Untuk urusan kamera, HP yang menjalankan UI berbasis Android 11 ini dibekali 3 kamera belakang, dengan komposisi kamera utama 13 MP menggunakan sensor Sony, lensa makro dan lensa B&W. Sementara untuk kamera selfie beresolusi 5 MP.

HP ini menggunakan Chipset Unisonic T612 dengan CPU octa core hingga 1.82GHz dan GPU Mali G57 650MHz. Ada dua varian memori yang tersedia, 3GB RAM dengan 32 GB memori internal dan 4 GB RAM dengan 64 GB memori internal. Harga HP Realme 3 GB yang memang sangat murah dinilai sepadan dengan keterbatasan performa yang didapat.

2. Realme Narzo 50

Realme Narzo 50 adalah smartphone entry-level yang masuk golongan hp realme harga 1 jutaan. Walau harga hp Realme satu ini relatif murah, namun jika dilihat dari performa, HP yang dibuat untuk menunjang aktivitas gaming ini tidak bisa diremehkan.

Perangkat pintar satu ini ditenagai chipset yang dirancang untuk kebutuhan bermain game, yaitu Helio G96 (12 nm) dari MediaTek yang bisa memproduksi kecepatan hingga 2,05GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Untuk refresh rate, pengguna bisa mengaturnya hingga 6 level, mulai dari level statis 30 Hz hingga streaming 90 Hz-120 Hz, touch sampling rate 180 Hz dan resolusi Full HD+. Sementara untuk layarnya menggunakan jenis IPS LCD dengan bentang 6,6 inci.

Beralih ke sisi kamera, Narzo 50 memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama beresolusi 50 MP (f/1.8), kamera B&W Portrait 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP dengan jarak fokus 4 cm. Sementara untuk kamera depan terdapat kamera beresolusi 16 MP yang siap menemani aktivitas selfie.

Kapasitas baterai HP ini cukup besar, yaitu 5000 mAH dengan dukungan teknologi Realme Dart Charge 33 Watt alias fast charging.

3. Realme Narzo 50A Prime

Narzo 50A Prime adalah produk smartphone milik Realme yang juga mengusung bodi tipis dengan ketebalan 8,1 mm. Layar IPS LCD yang digunakan pada HP harga 1 jutaan ini memiliki bentang 6,6 inci dan resolusi full HD+ dengan refresh rate 120 Hz dan tingkat kecerahan 600 nits.

Pada bagian belakang tersemat tiga buah kamera yang terdiri dari konfigurasi kamera utama 50MP (f/1.8), kamera depth 0,3 MP (f/2.8) dan kamera makro 2 MP (f/24). Sementara di depan ada kamera selfie 8MP yang diletakkan di sebuah notch berbentuk tetesan air. Urusan fotografi ini juga disesuaikan dengan beberapa mode, yaitu mode 50 MP, mode Ultra Makro dan Potret Hitam Putih.

Bagian dapur pacu Narzo 50A Prime ini, Realme mempercayakannya pada chip Unisonic T612 yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Untuk storage terdapat dua pilihan, yaitu seri 64 GB yang dibanderol harga Rp 1,99 juta dan seri 128GB yang dijual dengan harga Rp 2,19 juta.

4. Realme GT 2 Pro

Realme GT2 Pro hadir dengan desain premium menggunakan bahan biopolimer sebagai bahan dasar casing-nya. Biopolymer merupakan bahan yang terbuat dari daur ulang kertas, sehingga kamu akan merasakan tekstur seperti sedang memegang permukaan kertas saat memegang casing Realme GT 2 Pro. Hal inilah yang membuat varian warna ini disebut Paper White.

BACA JUGA:  Huawei Perkuat Kontribusi dan Kerja Sama di Bidang Keamanan Siber di Indonesia

Nah berbeda dengan paper white, varian berwarna hitam yang disebut Steel Black dirancang dengan teknik berbeda. Pihak Realme menyebut teknik yang digunakan adalah etsa kimia kaca AG yang baru. Treatment ini membuat varian steel black tampil lebih kabut dengan nuansa yang lebih taktil.

Masalah layar, Realme GT2 Pro memakai layar LTPO AMOLED yang memiliki kedalaman warna 10-bit dan bisa menampilkan hingga 1 miliar warna. Luas layarnya 6,7 inci beresolusi 1.440 x 3.216 dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+. Realmi melapisi layar ini dengan kaca tangguh dari Corning, yaitu Gorilla Glass Victus.

Realme GT2 Pro dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 1 untuk mendukung performanya yang dikombinasikan dengan RAM 12GB dan penyimpanan berkapasitas 256GB. Melihat ini, bandrol harga Rp 9,5 juta pun terasa sepadan.

Belum lagi jika melihat kameranya yang memiliki 3 buah kamera di bagian belakang dengan konfigurasi kamera utama beresolusi 50MP dengan sensor Sony IMX766 dan fitur OIS, lalu kamera kedua yang juga 50 MP dengan fungsi ultra-wide bersudut pandang 150 derajat serta terakhir kamera berlensa mikroskop 3MP yang bisa melakukan zoom hingga 40x.

Untuk masalah selfie, ada kamera depan beresolusi 32MP dengan aperture f/2.4 yang ditaruh di punch hole di kiri atas layar. HP yang menjalankan Android 12 dengan interface realme UI 3.0 ini memiliki daya baterai 5000 mAH dengan kemampuan fast charging 65W.

5. Realme 9 Pro+ 5G

realme 9 Pro+ merupakan HP yang dibekali kamera flagship Sony IMX766+OIS dengan dukungan teknologi ProLight Imaging. Smartphone yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 4,499,000 ini hadir dengan dua varian warna, yaitu Sunrise Blue dan Aurora Green.

Sensor Sony IMX766 berukuran besar hingga f/1.56 dan teknologi AI Noise Reduction Engine 3.0. Bekal ini membuat realme 9 Pro + bisa digunakan untuk mengambil foto dalam kondisi minim cahaya juga minim noise. Guncangan akan diredam oleh perangkat keras OIS, sedangkan kemampuan sensor Sony IMX766 yang handal dalam menyerap cahaya dapat menghasilkan detail menakjubkan, bahkan dalam kondisi gelap.

Keunggulan lainnya yang diberikan realme adalah fitur kamera Street Photography 2.0. Menariknya, terdapat mode Long Exposure yang bisa dengan mudah diaktifkan hanya dengan satu klik. Serta ada filter foto 90’s Pop yang juga disematkan untuk membuat potensi kreasi foto menjadi lebih dinamis.

Kamera belakang HP ini memiliki konfigurasi tiga kamera , yaitu kamera utama beresolusi 50MP dengan sensor kelas flagship dari Sony, lalu kamera kedua 8MP wide-angle 119 derajat dan terakhir kamera makro 2MP. Kemudian untuk bagian depan, menggunakan kamera beresolusi 16MP dengan lensa wide-angle 78 derajat sehingga mampu digunakan memotret group selfie dengan baik.

Layar HP ini membentang dengan luas 6,4 inci beresolusi FHD+ dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Jenis layar Super AMOLED Display ini memiliki refresh rate 90 Hz dan touch sampling 360Hz.

Beralih ke segi performa, dapur pacu realme 9 Pro+ menggunakan prosesor MediaTek Dimensity 920 5G. Prosesor ini memakai arsitektur Arm Cortex-A78 dengan clock speed hingga 2.5GHz dan GPU Arm Mali-G68 MC4.

6. Realme 9 Pro 5G

Realme 9 Pro adalah smartphone dengan performa flagship lewat bekal dapur pacunya yang menggunakan chipset Snapdragon 695 5G dan juga Ultra Smooth Display 120Hz. Sebagai flagship performance in mid-range, mengandalkan arsitektur CPU Kryo 660 dan GPU Adreno 619.

Smartphone yang hadir dengan varian warna Sunrise Blue dan Aurora Green ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3,399,000. Smartphone ini mengusung tampilan Light Shift Design yang memanfaatkan material photochromic organik OCA. Pada Varian Sunrise Blue akan berubah warna ketika terkena pantulan cahaya matahari.

Untuk urusan layar, HP ini memiliki layar seluas 6,6 inci dengan resolusi FHD+ (2412×1080) dan rasio bodi ke layar 90,8%. Urusan multimedia dapat terakomodir dengan baik karena visualisasi yang mulus karena refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz yang dimiliki layar ini.

HP yang mengusung antarmuka baru realme UI 3.0 ini dilengkapi konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 64MP (f/1.79), kamera wide-angle 119 derajat beresolusi 8MP dan kamera makro 2MP. Performa kameranya ini juga didukung oleh fitur unggulan Street Photography 2.0.

Bagian kamera depan beresolusi 16MP dan 79,3 derajat wide-angle dengan fitur Front Super Nightscape, Portrait Bokeh+HDR Selfie dan Portrait Bokeh+HDR Video. Bekal ini akan memberikanmu hasil foto dan video selfie yang lebih kaya akan detail dan warna.

BACA JUGA:  10 HP Paling Dicari & Jadi Trending (Agustus 2021)

7. Realme C35

Realme C35 adalah HP dengan chipset SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T616 dengan prosesor octa-core 64-bit dan dukungan grafis mumpuni dari GPU ARM Mali-G57. Perpaduan yang dimilikinya ini membuat HP ini mampu menyajikan performa kencang.

HP yang dibandrol dengan harga hanya Rp 2,5 jutaan ini menggunakan triple camera yang terdiri dari 50MP kamera utama (f/1.8) dengan sensor Samsung ISOCELL, kamera kedua 2MP (f/2.4) berfungsi sebagai dedicated macro dan kamera depth sensor 0,3MP.

HP 2 jutaan yang menggunakan OS Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition ini menawarkan daya baterai berkapasitas besar, yaitu 5000 mAh. Baterai ini juga didukung dengan fitur fast charging 18W, sehingga bisa diisi dengan cepat.

8. Realme 8i

Seperti seri lainnya, harga HP realme 8i juga terbilang terjangkau dibanding kompetitor sejenis, yaitu sekitar Rp 2,8 jutaan. Desain HP ini menggunakan layar IPS LCD seluas 6.6 inci dengan resolusi 1080 x 2412. Refresh rate layar HP ini 120Hz dan rasio kecerahan 600 nits.

Untuk urusan kamera, Realme 8i ini menggunakan konfigurasi 3 kamera yang terdiri dari 50MP kamera utama, 2MP kamera Makro dan 2MP kamera depth. Kamera smartphone ini juga dilengkapi berbagai fitur bermanfaat, dari mulai panorama, HDR dan LED flash.

Untuk bagian chipset, smartphone satu ini menggunakan MediaTek Helio G96 dengan kecepatan hingga 2.05GHz. CPU yang dipakai adalah octa-core berukuran 2×2.05GHz Cortex dan 6×2.0 GHz Cortex-A55. Untuk urusan grafis, realme mempercayakannya pada GPU tipe Mali-G57 MC2.

9. Realme Narzo 50A

Seri realme satu ini juga cukup disenangi oleh anak muda, selain karena harga HP Realme Narzo 50A yang terjangkau, desainnya juga unik dengan performa apik dan baterai yang tahan lama. hp realme harga 1 jutaan ini tampil dengan desain frame kamera lebih besar dengan tekstur khas yang tampak berbeda dengan para entry-level lainnya, meskipun dari bobot dan dimensinya relatif sama.

Layarnya masih HD+ dengan ukuran 6,5 inci, walau tidak sampai FHD+ namun layar ini cukup jika mengingat harganya yang murah. Ada 3 konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP yang ditemani kamera B&W 2MP dan kamera makro 2MP. Sementara untuk urusan selfie akan diurus oleh kamera depan 8MP.

10. Realme Narzo 50i

Realme Narzo 50i mengusung desain tampilan yang cukup segar, terutama pada bagian modul kameranya dan tekstur bersifat matte di bodi bagian belakang. Layar berjenis panel IPS LCD berukuran 6,5 inci dipilih untuk bagian penampilanya. Sayangnya layar ini masih beresolusi HD+ (720 x 1600 piksel), walaupun begitu gambar yang ditampilkan tidak terlihat burik.

Masuk ke bagian performa, realme Narzo 50i ini menggunakan Unisonic SC9863A dengan CPU octa core dengan empat inti Cortex A55 1,6 Ghz dan empat inti Cortex A55 1,2 GHz. SoC yang tergolong jadul ini dipadukan dengan RAM 4GB dan sistem operasi Android 11 dengan interface realme UI Go Edition.

Untuk urusan memotret, Realme Narzo 50i menggunakan kamera belakang tunggal dengan resolusi 8 MP (f/2.0). Kamera ini dilengkapi satu lampu flash dan mendukung perekaman video hingga resolusi FHD pada 20 fps. Sementara untuk sisi depannya menggunakan kamera selfie 5 MP (f/2.2).

Jika kamu berminat untuk meminang Realme Narzo 50i, Harga hp realme RAM 4 GB satu ini adalah sekitar Rp 1,5 jutaan.

Pertanyaan Umum Seputar Harga HP Realme Terbaru

Ada beberapa pertanyaan seputar harga HP Realme yang kerap dilontarkan oleh banyak orang, seperti:

Berapa Harga HP Realme Termahal?

Saat ini diketahui harga HP realme termahal adalah Rp 10 juta yang disematkan pada seri Realme X50 Pro. Meskipun demikian, harga HP Realme lain dibanderol dengan harga standar yang tergolong murah dengan kualitas yang mumpuni.

Berapa Harga HP Realme Termurah?

Harga HP realme C20 masih memegang rekor termurah, yaitu Rp 1.299.000. HP kelas low-end ini sangat terjangkau meskipun fitur yang ditawarkan juga cukup baik di kelasnya.

Itulah daftar HP Realme yang perlu kamu tahu beserta spesifikasinya. Kini kamu bisa memilih HP Realme mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan jangan lupa beri proteksi pada gadget kamu dengan membeli asuransi smartphone di Qoala App, ya!