Beranda Berita Subang Dorong Usaha Rakyat, Satgas TMMD Subang Hadirkan DKUPP Berikan Penyuluhan

Dorong Usaha Rakyat, Satgas TMMD Subang Hadirkan DKUPP Berikan Penyuluhan

tmmd-subang-12.jpg

KOTASUBANG.com, Subang – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di desa Jalupang Kecamatan Kalijati Rabu (26/10/2022) diisi dengan penyuluhan terkait usaha mikro oleh Dinas Koperasi, UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang.  Pada penyuluhan yang diikuti puluhan warga setempat itu, Tim Satgas menghadirkan Kasi Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM, Dinas KUKM Subang Hari Sobari.

Hari menjelaskan, dalam memulai usaha baru maupun mempertahankan daya tahan berbisnis, membutuhkan tips, agar bisa tetap fokus saat buka usaha, meskipun kesulitan dan tantangan datang bertubi-tubi.

Dia memaparkan, sedikitnya ada lima tips memulai usaha dan membangun motivasi usaha yang kuat adalah melakukan sejumlah langkah awal memulai usaha. Kelima tips itu memiliki Mimpi Besar, Bekerja Berdasarkan Passion, Belajar dari Orang Sukses, Support Keluarga dan Menghadapi Persaingan

BACA JUGA:  Pemda Terus Wujudkan Ketahanan Pangan Dan Tingkatkan Kesejahteraan Petani

“ Mimpi mampu memindahkan gunung, begitu kata salah satu kiasan. Ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh mimpi, termasuk dalam berusaha. Yang kedua bekerja karena dorongan cinta atau hobi pasti hasilnya akan berbeda. Ada keinginan kuat memberikan yang terbaik,” kata Hari menjelaskan

Sementara untuk poin belajar dari Orang Sukses dalam Membuka Usaha, terang Hari, dengan banyak belajar dari orang – orang yang sudah berhasi, akan memahami dan mengerti bahwa jalan membangun usaha itu tidaklah mudah. Ada proses berliku, naik dan turun, terjal, yang mau tidak mau harus dilewati jika ingin berhasil.

BACA JUGA:  Endang Supriadi Resmi Dilantik Jadi Ketua Peradi Subang

“Kenapa dukungan keluarga penting saat buka usaha sendiri? Keluarga yang paling merasakan dampaknya. Dan reaksi keluarga ikut menentukan terus tidaknya usaha tersebut. Keluarga yang tidak mendukung pasti kerap mengeluh dan tidak mau kompromi. karena tekanan dari keluarga, yang ingin tetap mempertahankan gaya hidup, tidak mau prihatin, padahal kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan,” imbuhnya.

Dan terakhir calon pengusaha pemula harus berani menghadapi pesaing. Adanya persaingan, jelas Hari memberikan masukkan ke dalam usaha kita soal apa yang masih menjadi kekurangan dan perlu diperbaiki. Selain itu kata Hari, adanya persaingan menunjukkan bahwa usaha yang kita lakukan memiliki potensi pasar yang bagus, sehingga pesaing berani masuk.

BACA JUGA:  Melukis Payung Geulis di Tasikmalaya Pecahkan Rekor MURI

Komandan Satgas TMMD Kodim 0605 Subang, Letkol Inf. Bambang Raditya mengatakan di tengah ancaman inflasi daerah, membuka ruang usaha sendiri menjadi salah satu solusi untuk tetap bertahan dan mempertahankan hidup. Mengingat, tidak sedikit pekerja di pabrik atau petrusahaan, berada dalam bayang-bayang pemutusan hubungan kerja atau PHK.

“Kita harus menyiapkan skill, setidaknya memahami dulu ilmunya untuk membuka usaha sendiri. Dan penyluhan ini diharapkan bisa melahirkan para pengusaha baru di Kabupaten Subang,” kata Dan Satgas TMMD