Beranda Berita Nasional Demo BEM, 600 Personel Diturunkan Jaga KPK

Demo BEM, 600 Personel Diturunkan Jaga KPK

abfebb8c091f1265d02d4cce78b24c95.jpg

KBRN, Jakarta : Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto menegaskan, sebanyak 600 personel gabungan telah disiapkan untuk berjaga di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (27/9/2021).

Menurutnya, penjagaan ini dilakukan karena akan ada demonstrasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia (SI).

“Ini ada kenaikan sedikit eskalasinya, agak menambah (personel) yang biasanya 500 sekarang 600 lah, seperti itu,” kata Wakapolres Jakarta Selatan, Senin (27/9/2021).

BACA JUGA:  10 Cake Enak di Jakarta Dengan Rasa Lembut Creamy di Lidah

Agus mengatakan pihaknya juga meminta bantuan personel pemadam kebakaran untuk membantu penjagaan gedung KPK. Beberapa mobil pemadam kebakaran disiapkan untuk mengantisipasi massa melakukan aksi bakar-bakaran.

“Kita antisipasi ada kemungkinan kemungkinan lain, contoh ada Bakaran di sini, itu nanti terprovokasi itu. Cepat kita padamkan, mungkin nanti ada ranting atau apa (merembet) sampah yang terbakar itu yang kita amankan,” ujar Agus.

BACA JUGA:  Kapal Asing Bermuatan Minyak Sawit Ilegal Ditangkap

Agus juga mengatakan pihaknya akan mengutamakan sikap humanis selama demonstrasi berlangsung. Langkah itu diambil agar tidak terjadi gesekan antara polisi dengan pendemo.

“Kita benar-benar kedepankan tim nego yang di depan personel polwan, nanti terus terus dan seterusnya. Kita benar-benar mengurangi gesekan yang terjadi, antara kami dengan rekan-rekan yang melaksanakan kegiatan,” jelas Agus.

BACA JUGA:  HUT ke-79, Wapres Ma'ruf Pilih Keberkahan Hidup

Agus juga meminta pendemo untuk menepati janjinya membuat situasi aman. Agus tidak mau demo menjadi ricuh.

“Kita yakin dan percaya bahwa hari ini akan damai,” ucapnya.

Diketahui, BEM SI berdemo hari ini menuntut pemecatan pegawai KPK yang gagal dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Rencananya mereka akan melakukan orasi digedung KPK pada pukul 14.00 WIB. (imr)