Beranda Berita Nasional Damkar Banjar Evakuasi Ular Sanca Kembang 2,5 Meter di Depan Pendopo

Damkar Banjar Evakuasi Ular Sanca Kembang 2,5 Meter di Depan Pendopo

c1_z2_IMG_20221001_223314_-183942e9ee9_7_-183942ee080_1.jpeg

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Seekor ular Sanca Kembang tiba-tiba muncul di Jalan Kewadanaan, tepatnya depan Pendopo Wali Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (1/10/2022). Petugas Damkar Kota Banjar, langsung mengevakuasi ular tersebut setelah mendapat laporan dari warga setempat.

Ular Sanca Kembang itu kemungkinan muncul ke permukaan dari dalam saluran air pembuangan akibat hujan deras.

Petugas Damkar Ivan Septian mengatakan pihaknya sudah berhasil mengevakuasi ular sanca kembang itu. Petugas kini mengamankannya agar tidak membahayakan masyarakat.

BACA JUGA:  Sederet Prestasi dan Penghargaan yang Diraih Pemkab Ciamis Selama 2022

“Kemungkinan ular ini muncul dari dalam saluran air. Karena di lokasi tadi airnya menggenang akibat hujan deras,” kata Ivan Septian.

Ivan menjelaskan, ular tersebut memiliki panjang 2,5 meter dengan bobot kurang lebih sekitar 3 kilogram.

Baca Juga: Petugas Damkar Kota Banjar Amankan Ular Sanca Reticulatus 3 Meter

“Ukurannya lumayan cukup besar sekitar 2,5 meter. Sekarang sudah kita amankan ke Kantor Damkar supaya tidak membahayakan masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA:  Duh, Sejumlah Perusahaan Belum Bayar Pajak Reklame di Ciamis

Ia menjelaskan, kondisi ular Sanca Kembang itu sedang berganti kulit dan muncul ke permukaan karena saluran pembuangan atau selokan penuh dengan air.

“Kondisinya lagi ganti kulit, tadi waktu kita amankan juga ada luka lecet sedikit. Hewan ini muncul karena air saluran pembuangan itu menggenang,” jelasnya.

Ivan menyebut rencananya Damkar akan melepasliarkan ular Sanca Kembang tersebut ke tempat yang lebih aman dan jauh dari pemukiman.

BACA JUGA:  KPU RI Mengajak Saling Menghargai dalam Berdemokrasi

“Nanti kita akan rilis ular ini ke alam yang jauh dari rumah penduduk supaya tidak membahayakan,” pungkasnya. (Sandi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)