Beranda Berita Nasional Cair! 15.616 KPM di Kota Banjar Dapat Bantuan Dampak El Nino

Cair! 15.616 KPM di Kota Banjar Dapat Bantuan Dampak El Nino

Penyaluran-bantuan-dampak-el-nino-di-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Dampak cuaca ekstrim yang disebabkan El Nino, pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, salurkan bantuan untuk masyarakat. Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 400 ribu tersebut akan diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak dua kali setiap bulan.

Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar, Hani Supartini mengatakan, di Kota Banjar sendiri ada sebanyak 15.616 penerimaan manfaat dari bantuan tersebut.

Nantinya, penyaluran bantuan dilakukan di dua tempat, yakni di PT Pos sebanyak 1.144 dan di Himbara sebanyak 14.472 penerima manfaat.

“Total penerima manfaat untuk di Kota Banjar sebanyak 15.616. Penyalurannya terbagi menjadi dua di Himbara sama di PT Pos,” kata Hani Supartini, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Kebijakan Baru Beli LPG 3 Kg Bersubsidi, Bagaimana Nasib Pengecer di Kota Banjar?

Menurutnya, data penerima bantuan bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah diupdate oleh Kementerian Sosial.

“Sumber datanya dari DTKS, kan itu dari BPS diupdate dan dikelola oleh Kemensos hampir sama kayak program sembako. Untuk sumber anggarannya dari APBN, kita hanya menyalurkan saja,” terangnya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut untuk meningkatkan daya beli masyarakat akibat cuaca ekstrim dampak dari fenomena El Nino.

Lebih lanjut, Hani menambahkan, tidak ada potongan apapun dalam penyaluran bantuan tersebut sehingga masyarakat menerima secara utuh.

“Tidak ada potongan apapun, jadi bantuannya diterima utuh 400 ribu,” tambahnya.

Hani berharap, masyarakat bisa memanfaatkan batuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan, seperti dibelanjakan kebutuhan pokok atau yang lainnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)