Beranda Berita Subang Buka Input SIRUP Serentak, Bupati Subang Berpesan untuk Terus Tingkatkan Kinerja

Buka Input SIRUP Serentak, Bupati Subang Berpesan untuk Terus Tingkatkan Kinerja

input-SIRUP-serentak.jpg

MEDIAJABAR.COM, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Subang serta Penayangan Rencana Umum (RUP) Serentak Tahun Anggaran 2023, bertempat di Sawala Ageung Fave Hotel Subang, Rabu (25/01/2023).

Sebelum memasuki tempat acara, Kang Jimat menyempatkan untuk melihat secara langsung proses penginputan SIRUP yang dilakukan oleh seluruh OPD dan Perangkat Daerah se-Kabupaten Subang.

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Subang Iwan Kurniawan Kusnandi, S.T., M.Si., selaku ketua panitia pelaksana, dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai ajang evaluasi pelaksanaan pengadaan di tahun 2022 dan rencana aksi di tahun 2023.

“Melaporkan hasil evaluasi UKPBJ Tahun 2022 dan rencana aksi pada tahun 2023,” katanya.

Iwan menambahkan dengan diadakannya input SiRUP serentak membuat perencanaan kegiatan di Kabupaten Subang semakin cepat dan memberikan transparansi bagi masyarakat.

“Idealnya dilaksanakan pada akhir tahun agar di awal tahun berikutnya bisa langsung dilakukan dan masyarakat dan pelaku usaha dapat mengakses langsung pengadaan barang dan jasa,” katanya.

Iwan juga menyampaikan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Subang mendapatkan peringkat 4 dengan predikat baik di Jawa Barat di mana hanya terdapat 4 Kabupaten yang mendapatkan predikat baik. Namun, Iwan mengingatkan seluruh jajarannya untuk terus melakukan perbaikan.

“Masih ada kendala dari cara dan proses input tapi kami mendapat peringkat ke-4 dari 27 Kabupaten/ Kota se-Jawa Barat yang merupakan perbaikan setelah di tahun 2021 Subang mendapat rangking 13 dengan predikat kurang baik. Kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan,” katanya.

BACA JUGA:  Masih Pandemi, HUT Subang ke-74 Digelar Sederhana, Ini Pesan Bupati Ruhimat saat Pimpinan Upacara Hari Jadi

Menutup laporannya, Iwan menuturkan percepatan pengadaan barang dan jasa sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Presiden RI dan Bupati Subang agar kegiatan yang direncanakan dapat dilakukan dengan baik.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Presiden RI terkait percepatan pengadaan agar kegiatan dan proyek yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik dan benar. Kang Jimat juga menekankan untuk mempercepat pengadaan di Kabupaten Subang dan kami siap tender kapanpun,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos.,M.Si selaku Ketua Tim Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN) menyampaikan P3DN merupakan upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

“Dukung gerakan bangga buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri untuk belanja barang/jasa pemerintah,” ajaknya.

Kang Asep mengatakan produk dalam negeri wajib digunakan dalam pengadaan barang/ jasa pemerintah pada perangkat daerah dengan cara menyusun spesifikasi barang dengan mempertimbangkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dan bobot manfaat serta menghimbau agar semua OPD dapat memaksimalkan pemanfaatan barang-barang dalam negeri yang mempunyai TKDN tinggi agar di tahun 2023 target 40% penggunaan barang dalam negeri dapat dicapai oleh Kabupaten Subang.

“Saat ini Kabupaten Subang masih di angka 24.3% dari target 40%. Dari hasil capaian perlu menjadi evaluasi terutama bagi PPK seluruh perangkat daerah untuk tidak menunda input TKDN. Saya selaku Ketua Tim P3DN Kabupaten Subang mengajak seluruh perangkat daerah memaksimalkan pemanfaatan dalam negeri yang mempunyai TKDN tinggi. Pada tahun 2023 insyaallah bisa mencapai 40% dengan dukungan seluruh pihak,” katanya.

BACA JUGA:  Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Sebut Tarif Baru Lebih Terjangkau

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pemberian piagam dan logam mulia bagi OPD dan Kecamatan yang meraih 5 besar dalam input e-kontrak tahun anggaran 2022 oleh Bupati Subang.

Membuka sambutannya, Bupati Subang H. Ruhimat mengaku bangga dengan apa yang dilakukan oleh Bagian UKPBJ sebagai langkah menuju hari esok yang lebih baik.

“Saya bangga banget. Makasih untuk tim UKPBJ. Insyaallah kita semua sepakat menuju hari esok yang lebih baik,” katanya.

Sebelum menyampaikan terkait percepatan pengadaan, Kang Jimat terlebih dahulu menyampaikan bahwa dirinya tidak akan lelah dalam memperjuangkan Tangkuban Parahu dan berbagai potensi di Subang melalui BUMD Kabupaten Subang.

“Jangan lelah perjuangkan Tangkuban Parahu dan alhamdulillah PT SS punya 5% saham di jalan Tol Patimban,” katanya.

Terkait percepatan pengadaan, Kang Jimat berpesan agar seluruh pihak dapat mengindahkan pesan Presiden RI terkait percepatan pengadaan untuk mendapat hasil yang baik.

“Apa yang disampaikan Pak Jokowi tadi harus diperhatikan. Karena itu pula yang saya ingin sampaikan. Kenapa tinggal 2 minggu, musim hujan, akhirnya tidak bisa dilakukan dan dipindah titiknya ke lokasi lain,” katanya.

Kang Jimat berharap seluruh OPD dan Perangkat Daerah Kabupaten Subang dapat menaati Surat Edaran terkait percepatan pengadaan karena menurut Kang Jimat seluruh aparat negara bekerja dengan baik akan membuat masyarakat bahagia.

“Saya yakin apabila kita menyadari semua ini, apa yang diharapkan oleh rakyat saya yakin akan berhasil dan maksimal kita wujudkan. Saya ingin apa yang saya tanda tangani dalam surat edaran terkait percepatan pengadaan maksimal lelang pertengahan marat selesai dan langsung dilakukan pengerjaan utamanya pekerjaan fisik,” katanya.

BACA JUGA:  RS Hamori Subang Resmi Beroperasi, Siap Layani Masyarakat dengan Fasilitas Kesehatan Berkualitas

Selain percepatan pengadaan barang dan jasa, Kang Jimat juga mendorong meningkatnya penggunaan produk dalam negeri termasuk produk Subang dalam pengadaan sebagai langkah mendukung perekonomian nasional.

“Saya ingin apapun alasannya penggunaan produk Subang minimal hasil produk dalam negeri dimaksimalkan. Utamakan produk yang masuk dalam pembelanjaan,” katanya.

Menutup sambutannya, Kang Jimat mengajak seluruh pihak untuk selalu memperbaiki kinerja demi Subang yang lebih baik dan masyarakat yang lebih sejahtera.

“Saya ingin lakukan yang terbaik jadi mari kita sama-sama bekerja dengan baik mudah-mudahan Subang menjadi lebih baik dalam berbagai aspek. Demi perbaikan Subang kita tingkatkan kinerja kita dan pertanggung jawabkan mudah-mudahan yang kita lakukan membuat kebanggan bagi masyarakat dan betul-betul jadi ibadah untuk kita,” pungkas Kang Jimat.

Selanjutnya Kang Jimat melaksanakan pemukulan gong sebagai simbol dibukanya Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Subang serta Penayangan Rencana Umum (RUP) Serentak Tahun Anggaran 2023.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Subang, para Asda, Kepala OPD dan Perangkat Daerah se-Kabupaten Subang, para Kepala Bagian, para Camat, para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Subang, pimpinan BUMN dan BUMD Kabupaten Subang, serta tamu undangan lainnya.