Beranda Berita Nasional Bangun Ciraga Wetland Park, Pemkot Bandung Optimis Bisa Cegah Banjir

Bangun Ciraga Wetland Park, Pemkot Bandung Optimis Bisa Cegah Banjir

Kolam-Retensi.jpg

harapanrakyat.com,- Bangun Ciraga Wetland Park sebagai kolam retensi, Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, optimis bangunan tersebut nantinya bisa meminimalisir banjir.

Selama ini masalah banjir memang masih menjadi hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat Kota Bandung saat terjadi hujan deras dan angin kencang. Sebab, genangan air di sejumlah titik kerap mengakibatkan banjir.

Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan banjir, Pemkot Bandung kembali menambah pembuatan kolam retensi di wilayah Kecamatan Cibiru. Infrastruktur bangunan ini dinilai mampu meminimalisir terjadinya bencana banjir.

Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pembangunan Ciraga Wetland Park yang merupakan kolam retensi adalah bagian dari upaya Pemkot Bandung dalam penanganan banjir.

Ia menyebutkan, di Kota Bandung saat ini terdapat sembilan kolam retensi. Selain di Cibiru, kolam tersebut juga ada di wilayah Sirnaraga, Sarimas, Gedebage, serta sejumlah titik lainnya.

BACA JUGA:  Warga Pangandaran Kesal, Antrian di SPBU Kedungwuluh Selalu Mengular

“Kita optimis dan yakin kolam retensi ini bisa mengurangi banjir yang mengganggu masyarakat Kota Bandung,” ujar Yana usai pembukaan Ciraga Wetland Park di Cibiru, Kota Bandung, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Atasi Banjir di Gedebage Kota Bandung, Sekda Perintahkan Ini

Ia mengklaim, melalui kolam retensi ini dapat mengurangi dampak dari bencana banjir, meski saat cuaca ekstrim. Termasuk sumur imbuhan, biopori dan rumah pompa,” paparnya.

Selain mampu meminimalisir banjir, lanjut Yana, kolam retensi berfungsi pula sebagai tempat konservasi air serta ruang publik.

Masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai objek wisata dan meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung.

BACA JUGA:  Bupati Ciamis Apresiasi Event Turnamen Bola Voli FE CUP XX

“Semakin banyak membangun ruang-ruang publik maka indeks kebahagiaan masyarakat pun akan meningkat,” kata Yana.

Ciraga Wetland Park Solusi Atasi Banjir di Kota Bandung

Baca Juga: Pemkot Tambah Kolam Retensi Atasi Banjir di Kota Bandung

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bandung Andri Rusmana mengatakan, pembuatan kolam retensi menjadi salah satu solusi bagi permasalahan dari hilir yang selama ini terjadi.

“Karena, meski hujan deras hanya turun di hulu, tetapi di hilir pun terkena imbasnya. Pasalnya kondisi ekosistem saat ini sudah tidak stabil,” ujarnya.

Andri menjelaskan, keberadaan Ciraga Wetland Park tak hanya berfungsi sebagai pencegah banjir serta konservasi air. Tapi bisa juga menjadi ruang publik serta destinasi wisata bagi warga Kota Bandung.

BACA JUGA:  Kisah Pengusaha Warnet di Ciamis, Dulu Sehari Dapat 1,3 Juta Sekarang Hanya 100 Ribu

“Ciraga Wetland Park sebagai kolam retensi bukan menjadi program pembangunan terakhir dari Pemkot Bandung. Khususnya mengenai solusi pencegahan bencana banjir di wilayah Kota Bandung,” terang Andri.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menambahkan, Pemkot Bandung membangun Ciraga Wetland Park di lahan seluas 5.396 meter persegi.

“Pembangunan Ciraga Wetland Park ini bertujuan untuk konservasi air dalam kawasan sumber mata air. Tujuannya agar debit airnya tidak berkurang. Kota Bandung memiliki 67 mata air. Hal ini kita anggap penting guna melestarikan sumber mata air,” pungkasnya. (Rio/R3/HR-Online/Editor-Eva)