Beranda Berita Nasional Antisipasi Banjir, Koramil Banjarsari Ciamis dan Warga Bersihkan Sampah Jembatan Cimantri

Antisipasi Banjir, Koramil Banjarsari Ciamis dan Warga Bersihkan Sampah Jembatan Cimantri

Pembersihan-Sampah-Jembatan-Cimantri.jpg

harapanrakyat.com,- Antisipasi banjir karena penyumbatan, TNI 1317 Koramil Banjarsari Ciamis melakukan pembersihan sampah di Jembatan Cimantri, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Kamis (21/12/23). 

Pembersihan sampah yang berjubel di saluran anak Sungai Cikaso tersebut melibatkan Polsek Banjarsari, RCS, Pemdes Sindanghayu, UPTD PUPR Banjarsari dan warga sekitar. 

Bamin Bhakti Koramil 1317 Serma Sugiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin TNI. Hal itu dalam rangka menjaga kondusifitas lingkungan dari ancaman bencana alam.

“Kita bersih-bersih di lokasi yang mana sudah lama kita ketahui sebagai salah satu penyebab banjir. Itu sampahnya menyumbat di bawah jembatan,” katanya. 

Sugiman menambahkan, kondisi yang berada di bawah jembatan tersebut terlihat sangat kotor karena penuh sampah

Karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat, terutama yang berada di bantaran sungai bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Pasalnya, hal itu bisa berdampak buruk pada lingkungan yang ujung-ujungnya masyarakat sendiri yang menjadi korbannya. 

“Makanya kita melakukan tindakan ini sebelum banjir datang,” ujarnya. .

Pantauan di lapangan, sejumlah sampah rumah tangga terlihat memenuhi anak sungai Cikaso yang ada di bawah Jembatan Cimantri, seperti halnya sampah plastik, popok, hingga kasur. (Suherman/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)