Beranda Otomotif Rifat Sungkar Terkesan dengan Lintasan Kejurnas Rally Muara Bungo 2022

Rifat Sungkar Terkesan dengan Lintasan Kejurnas Rally Muara Bungo 2022

rockomotif-rally-muara-bungo-2022-01.jpg

ROCKOMOTIF, Muara Bungo – Jelang Kejurnas Rally Muara Bungo 2022 yang akan berlangsung pada 22-23 Oktober mendatang, mendapat atensi yang begitu baik dari punggawa Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT), Rifat Sungkar.

Dalam kejuaraan nasional tersebut, Rifat Sungkar, menjelaskan soal karakter yang akan dihadapi ini memang sangat berbeda dengan putaran sebelumnya di Danau Toba, Sumatera Utara, pada Septmber lalu.

Rifat Sungkar yang sukses menjuarai Kejurnas Rally Danau Toba dan APRC ini, menjelaskan karakter high speed akan memberikan suguhan yang lebih menantang dalam Kejurnas Rally Muara Bungo 2022.

“Lintasan ini bisa dibilang berbeda 180 derajat dari lintasan di Danau Toba. Seingat saya, lintasan seperti ini mirip dengan lintasan reli di Penajam, Kalimantan pada tahun 2010 silam. Karakternya very high speed, dan mengingatkan pada trek reli di Eropa yang pernah saya ikuti. Di sini menuntut co-driver untuk membuat pace note dengan akurasi yang tinggi. Juga menuntut fokus dan konsentrasi pada perelinya,” ucap Rifat.

Kejurnas Rally Muara Bungo 2022
Mitsubishi Xpander dan Rifat Sungkar siap arungi kejurnas reli putaran ketiga dan keempat

Tidak hanya Rifat Sungkar, tetapi, Manager Mitsubishi Xpander Rally Team, juga menyampaikan hal senada. Menurut Irwan ‘Bagong’ Soewondo, kerjasama antara driver dan co-drover memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pada Kejurnas Rally Muara Bungo 2022.

“Karakter trek yang high speed harus menjadi perhatian utama pereli dan co-driver. Salah sedikit saja akan sangat merugikan,” tambah Irwan Bagong.

Sementara itu, mengenai kesiapan yang akan dilakukan untuk melibas lintasan di Tanah Sumatera ini, Rifat Sungkar, sangat tertarik dengan dua Special Stage yang membentang 8 kilometer.

“Sirkuit Swarnadwipa yang menjadi arena Super SS benar-benar luar biasa. Variasi kecepatan dan tikungan, serta permukaan yang mulus akan membuat atraksi menarik. Saya mengapresiasi Pak Jimmy Samsudin sebagai pemilik sirkuit ini, karena telah membangun sebuah sirkuit yang betul-betul spektakuler. Dan menurut saya Rally Muara Bungo 2022 sudah pantas masuk dalam standar reli internasional,” papar Rifat.

Kejurnas Rally Muara Bungo 2022
Mitsubishi Xpander dan Rifat Sungkar siap arungi kejurnas reli putaran ketiga dan keempat

Pada hari Sabtu, 22 Oktober, Mitsubishi Xpander Rally Team akan mengikuti Putaran 3 dengan menjalani 6 SS yang berlangsung di area Sijau, Dusun Baru dan Sinarmas. Sementara pada hari Minggu, 23 Oktober akan menjalani 7 SS yang empat di antaranya berlangsung di Sirkuit Swarnadwipa.

Total jarak SS yang ditempuh pada Kejurnas Rally Muara Bungo 2022, termasuk Putaran 3 dan Putaran 4, adalah 132.18km dengan jarak keseluruhan mencapai 264,3km.