Beranda Berita Nasional Tempo Young Entrepreneur Challenge 2022 Pilih Empat Pebisnis Muda Inspiratif

Tempo Young Entrepreneur Challenge 2022 Pilih Empat Pebisnis Muda Inspiratif

c1_z2_Foto-YEC-02_-183a8f0f26c_4_-183a8f1e031_7.jpeg

Berita Nasional (Harapanrakyat.com),- Sebanyak empat pebisnis muda inspiratif terpilih dalam acara Tempo Young Entrepreneur Challenge 2022. Acara tersebut digelar oleh Media digital Tempo.co.

Empat pebisnis muda tersebut adalah Claudia Kolonas dari Pluang dengan kategori teknologi keuangan, Nadine Gaus dari Klamby dengan kategori e-commerce dan retail, Rizki Arief dari HMNS dengan kategori inovasi marketing, serta Anugrah Pakerti dari Aviskin dengan kategori onboarding/naik kelas.

“Dari ratusan profiling, tim tempo menyaring secara berlapis-lapis dengan berbagai kriteria dan akhirnya mereka yang dipilih,” ujar Arif Zulkifli, CEO Tempo Media Group.

Acara Tempo Young Entrepreneur Challenge 2022 ini digelar di The Club Djakarta Theatre, Selasa (4/10/2022).

Indikator penilaian dari challenge ini meliputi inovasi bisnis, mulai usaha dengan modal dari nol, usia kurang dari 35 tahun dan memiliki dampak positif untuk masyarakat.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tempo.co melakukan riset terlebih dahulu dan berdiskusi dengan berbagai pihak untuk memilih 4 pebisnis muda inspiratif ini. Salah satunya kepada Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM. Selain itu juga kepada Asosiasi Fintek Indonesia, Indonesia E-commerce.

Baca Juga: Potensi Usaha Ternak yang Menjanjikan sebagai Ide Usaha Anda

Ada juga Asosiasi Pertekstilan, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia, akademisi Prasetya Mulia, Universitas Airlangga, dan juga Institut Pertanian Bogor.

Pada akhir penjurian, redaksi pun memilih 5 pengusaha muda inspiratif dari 5 kategori. Hanya seorang kandidat tak bersedia verifikasi dan menyisakan 4 pengusaha.

“Seorang calon menolak diverifikasi. Kami wajib verifikasi karena outputnya berupa liputan khusus,” ungkap Anton Septian, Redaktur Eksekutif Tempo.co.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Kisah Empat Pebisnis Muda Inspiratif 2022

Dalam Tempo Young Entrepreneur Challenge, Nadine Gaus dari Klamby bercerita pembangunan usahanya saat sejak kuliah. Berawal saat ayahnya terkena PHK. Kemudian ia pun bisa membeli mesin jahit hingga mampu memproduksi 150 ribu gaun per tahun.

Pencapaiannya itu membuat Nadine bisa mengikuti media fesyen global dan ke London Fashion Week pada bulan September kemarin.

Anugrah Pakerti dari Avoskin sendiri memulai usahanya saat kuliah pada tahun 2013. Ia melihat pada tahun tersebut banyak produk perawatan kulit dan wajah abal-abal beredar.

Keunggulan Avoskin adalah riset prinsip no animal testing, sekaligus juga terdaftar pada BPOM. Avoskin adakah produk Indonesia yang kini sudah go global. Memiliki 13 store di beberapa wilayah Vietnam.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Ketiga Claudia Kolonas pendiri Pluang. Ia merupakan lulusan Harvard. Claudia memiliki mimpi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui investasi.

Ia pun bedsrama suaminya mulai mendirikan start-up Emas Digital. Menurut Claudia, bisnis tak hanya mencari keuntungan semata namun memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

Rizky Arif dari HMNS memulai usaha parfum karena melihat kondisi parfum bermerek mahal harganya mahal. Kemudian Rizky pun menemukan inti bahan parfum tanaman endemik.

Ia pun bercerita ingin membuat Indonesia sebagai salah satu poros parfum dunia.

Tempo Young Enterpreneur Challenge 2022 dipandu langsung oleh CEO PT Info Media Digital Wahyu Dhyatmika. Narasumbernya adalah Leonard Theosabrata, dari Ketua SMESCO dan Rezka Ilhamsyah EVP Growth and Marketing Paxel. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)