Beranda Berita Nasional 3 Rumah di Cigalontang Tasikmalaya Tertimbun Longsor

3 Rumah di Cigalontang Tasikmalaya Tertimbun Longsor

3-Rumah-di-Cigalontang-Tasikmalaya-Tertimbun-Longsor.jpg

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebabkan bencana longsor di Desa Parentas, Kecamatan Cigalontang, Selasa (4/10/2022).

Longsor tebing setinggi 10 meter menutup akses jalan Parentas sepanjang 200 meter. Bukan hanya itu, 3 rumah warga juga tertimbun longsor di Kampung Kanang 3 dan Kampung Ciguntur.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menyebabkan korban jiwa.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

Zalkaf, Camat Cigalontang membenarkan, terjadi longsor yang menimbun tiga rumah. Untuk sementara korban jiwa tidak ada, karena pihaknya pun belum menerima laporan.

“Kami hendak ke lokasi, namun banyak jalan yang mengalami longsor. Bahkan dari arah perbatasan Garut menuju Desa Parentas Kabupaten Tasikmalaya tertutup longsor,” ujar Zalkaf.

Baca juga: Jembatan Cibeureum di Tasikmalaya Amblas, Aktivitas Anak Sekolah dan Petani Terhambat

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Ia menyebut, akibat longsoran tanah di ruas jalan yang mencapai 200 meter, ribuan warga Desa Parentas terisolir untuk akses pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Jadi kalau dari Tasik ke Desa Parentas belum bisa dilewati, sekarang petugas BPBD, TNI dan Polri sedang melakukan evakuasi material longsor,” katanya.

Iptu Dian, Kapolsek Cigalontang menambahkan, sementara ini akses jalan yang tertimbun ada 3 titik.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Saat ini petugas gabungan sedang melakukan gerakan pembersihan material longsor, minimal kendaraan roda dua bisa melintas,” ungkapnya. (Apip/R8/HR Online/Editor Jujang)