Beranda Berita Nasional Kapolri Perintahkan Usut Tuntas Insiden Maut di Stadion Kanjuruhan Malang

Kapolri Perintahkan Usut Tuntas Insiden Maut di Stadion Kanjuruhan Malang

Kapolri.jpg

Kapolri perintahkan anggotanya supaya usut tuntas insiden maut di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu menindaklanjuti perintah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saat jumpa pers yang berlangsung di Malang, Minggu (02/10/2022), Listyo Sigit menyampaikan rasa duka citanya yang mendalam atas terjadinya peristiwa maut Stadion Kanjuruhan Malang, pada Sabtu (01/10/2022). Yang mana dalam peristiwa itu merenggut ratusan nyawa suporter Arema.

Ia juga telah menekankan dan mengerahkan timnya supaya mengusut tuntas terkait proses penyelenggaraan maupun pengamanan gelaran sepakbola Liga 1 tersebut. Sekaligus menginvestigasi terkait peristiwa tersebut.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Saya saat ini sudah mengajak tim Mabes Polri yang terdiri dari Propam, Bareskrim, Inafis, Pusdokkes, Puslabfor dan Sops, agar melakukan langkah-langkah pendalaman investigasi,” ujar Listyo Sigit.

DVI Polri Identifikasi Korban Insiden Maut Stadion Kanjuruhan

Baca Juga : Peristiwa Maut Stadion Kanjuruhan Malang, Korban Meninggal Dunia Jadi 180 Orang

Lebih lanjut ia mengatakan, tim DVI Polri langsung melakukan identifikasi terhadap semua penonton yang jadi korban dalam insiden maut Stadion Kanjuruhan Malang.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Saat ini, kata Listyo Sigit, hasil dari koordinasi dengan Dinkes Kabupaten/Kota Malang, bahwa jumlah korban jiwa akibat insiden maut tersebut berjumlah 125 orang.

“Data terakhir saat ini berdasarkan hasil pengecekan dan verifikasi pihak Dinkes jumlah korban meninggal ada 125 orang. Kalau tadi 129 orang, karena ada nama korban yang tercatat ganda,” terangnya.

Kemudian, pihaknya juga melakukan langkah-langkah sebagai tindak lanjut. Dalam hal ini bersama tim DVI Polri.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Sedangkan, tim penyidik Polri melakukan pendalaman lanjutan guna menginvestigasi hingga tuntas. “Untuk hasilnya nanti akan kita sampaikan kepada semua masyarakat,” papar Listyo Sigit.

Ia menambahkan, pihak kepolisian akan mengumpulkan data, fakta serta rekaman CCTV di stadion atau TKP (tempat kejadian perkara).

Hal tersebut sebagai gerak cepat tim aparat kepolisian dalam upaya mengusut tuntas insiden maut di Stadion Kanjuruhan Malang. Kedepannya, proses penyelenggaraan akan jadi acuan dalam proses pengamanan hingga laga sepakbola selesai. (R3/HR-Online/Editor-Eva)