Beranda Berita Nasional Kenapa PSGC Ciamis Dijuluki Laskar Singacala? Ini Alasannya!

Kenapa PSGC Ciamis Dijuluki Laskar Singacala? Ini Alasannya!

PSGC-Ciamis-Dijuluki-Laskar-Singacala.jpg

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Tim sepak bola kebanggaan warga Tatar Galuh, PSGC Ciamis dijuluki Laskar Singacala. Singacala sendiri merupakan salah satu pemimpin di wilayah Kerajaan Galuh yang berkuasa pada 1643-1718 M.

Selain dijuluki Laskar Singacala, PSGC Ciamis juga mempunyai banyak julukan dari pendukung dan masyarakat Ciamis, seperti Laskar Galuh, Laskar Ciung Wanara dan Laskar Ungu.

Namun, julukan yang didaftarkan oleh Manajemen PSGC Ciamis kepada PSSI itu yakni Laskar Singacala untuk Tim Kebanggaan Tatar Galuh Ciamis.

Asisten Manajer PSGC Ciamis, Erwan Darmawan menjelaskan, Singacala adalah salah satu tokoh Raja di Galuh. Bahkan, memberikan kontribusi pembangunan yang sangat hebat di Galuh.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

“Bahkan, Singacala pernah menjadikan masa keemasannya Galuh dan Ciamis ini. Jadi kita ambil sebagai julukan atau menamai PSGC Ciamis dengan harapan memberikan dampak positif untuk kejayaan PSGC,” jelasnya.

Bukan Hanya Laskar Singacala, PSGC Ciamis Dijuluki Nama Lainnya

Menurut Erwan, memang julukan atau panggilan dari masyarakat yang menamai PSGC Ciamis itu banyak, ada Laskar Galuh, Laskar Ciung Wanara, Laskar Singacala serta Laskar Ungu.

Baca Juga: Pemain Pingsan, PSGC Ciamis Tahan Imbang Persika 1951

Akan tetapi, lanjut dia, yang didaftarkan ke PSSI itu adalah Laskar Singacala. Meskipun yang didaftarkan itu Laskar Singacala, namun untuk julukan lain dari masyarakat itu tidaklah masalah karena itu hak dari masyarakat.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Julukan atau panggilan bagi PSGC dari masyarakat itu adalah hak masyarakat Ciamis, sepanjang julukan itu bagus tidaklah masalah. Mau Laskar Singacala, Laskar Ciungwanara, Laskar Galuh itu adalah hal yang positif,” tuturnya.

Erwan mengungkapkan, pihaknya tidak masalah jika masyarakat Ciamis ini menamai PSGC itu apa, sepanjang penamaan itu adalah penghormatan bagi tim kebanggaan Ciamis.

“Seperti halnya, Laskar Galuh itu nama PSGC kan Galuh Ciamis dan budayanya juga Galuh. Kemudian Laskar Ciung Wanara juga merupakan tokoh sentral di Ciamis. Yang paling penting doa untuk PSGC Ciamis agar bisa berjaya kembali dan masuk ke Liga 2 lagi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Erwan menambahkan, PSGC Ciamis saat ini berada di Grup C Liga 3 Seri 1 Jawa Barat dan telah melakukan 3 pertandingan. Adapun ketiga pertandingan tersebut membawa hasil positif untuk PSGC Ciamis.

Dalam 3 laga kemarin rinciannya 2 kali menang dan 1 kali imbang. Saat ini PSGC Ciamis berhasil mengantongi 7 poin dan di peringkat 2 klasemen Grup C. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)