Beranda Berita Nasional Tingkatkan Desa Siaga Aktif, Dinas Kesehatan Ciamis Advokasi Kades

Tingkatkan Desa Siaga Aktif, Dinas Kesehatan Ciamis Advokasi Kades

c1_z2_IMG_20220829_164554_-182e8feaa88_1_-182e8ff31c2_5.jpeg

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dinas Kabupaten Ciamis melakukan advokasi kepada kepala desa dan juga kepala puskesmas di Hotel Tyara, Senin (29/8/2022). Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan desa siaga aktif strata mandiri.

Jumlah desa siaga aktif strata mandiri sampai bulan Juni 2022 mencapai 35,09 persen atau 93 dari 265 Desa.

Jumlah tersebut masih kurang dari target yaitu 40 persen. Maka dari itu, Dinas Kesehatan Ciamis terus berupaya agar dapat meningkatkan capaian tersebut. Salah satunya dengan cara advokasi untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo mengatakan desa siaga adalah strategi baru pembangunan kesehatan. ahir sebagai respon pemerintah terhadap permasalahan kesehatan.

Capaian desa siaga aktif strata mandiri Kabupaten Ciamis saat ini masih belum mencapai target 40 persen.

“Maka dari itu, untuk meningkatkan capaian, salah satunya dengan melakukan advokasi kepada kepala desa yang merupakan penanggung jawab organisasi dan kepala puskesmas,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dinkes Ciamis Bina Desa Siaga Aktif

Dalam kegiatan ini baru 37 kepala desa yang mengikuti advokasi ini. Namun, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan advokasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ciamis Tatang mengatakan kegiatan advokasi ini nantinya bisa meningkatkan capaian desa siaga aktif. Sehingga bisa meningkatkan kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Harapannya para kepala desa yang merupakan penanggung jawab organisasi agar dapat memotivasi masyarakat. Sehingga dapat mewujudkannya,” katanya.

Tatang juga berpesan kepada tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas agar dapat melayani masyarakat dengan senyuman dan berikan pelayanan terbaik.

“Bupati Ciamis juga selalu bilang agar berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat baik itu Puskesmas maupun instansi lainnya. Jangan sampai dicuekin atau bahasa sundanya dibaeudan,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)