Beranda Berita Subang Pemkab Garut Uji Coba Aspal Plastik Sepanjang 23 Km

Pemkab Garut Uji Coba Aspal Plastik Sepanjang 23 Km

dc8c6ae0031651124a66b7323340890a.jpg

KBRN, Garut : Sebuah terobosan baru dalam mengatasi permasalahan infrastruktur jalan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melakukan uji coba penerapan aspal plastik sepanjang 23 Km di Kabupaten Garut. 

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan, program aspal plastik ini merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia. 

BACA JUGA:  Kemarau Tiba, PT DAHANA Berikan Bantuan Sumur Bor untuk SMPN 2 Cibogo

“Kabupaten Garut, sendiri akan membangun jalan aspal sepanjang 50 km di berbagai ruas jalan di Garut, yang akan dicampur dengan 28,8 juta lembar sampah plastik dari kantong kresek yang sudah dicuci dan dicacah,” kata Rudy di Setda Garut, Kamis (10/3/2022).

Penambahan cacahan sampah plastik ke dalam hotmix aspal ini akan menambah daya tahan dan kualitas aspal sampai 40%, sehingga mengurangi kerusakan. Sampah plastik ini akan disediakan oleh Chandra Asri bekerja sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI).  

BACA JUGA:  Lapas Subang ikuti Apel Pagi Bersama, ini Pesan Penting Menkumham bagi Seluruh Jajaran

“Kamu menyambut baik program kolaborasi yang dapat mengatasi permasalahan sampah plastik di Kabupaten Garut ini. Menurutnya, penerapan aspal plastik merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Kabupaten Garut,” pungkasnya.