Beranda Berita Nasional Menikmati Surabi Legendaris di Bawah Flyover Pintusinga Kota Banjar

Menikmati Surabi Legendaris di Bawah Flyover Pintusinga Kota Banjar

Sorabi.jpeg

harapanrakyat.com,- Belum lengkap rasanya jika menikmati malam tidak ditemani dengan makanan surabi legendaris di bawah Flyover Pintusinga Kota Banjar, Jawa Barat.

Makanan tradisional khas Indonesia yang satu ini terbuat dari bahan utama tepung beras, kemudian dibakar diatas tungku. Di Jawa Barat, jajanan tradisional ini terkenal dengan nama sorabi atau surabi.

Jika mendengar Surabi Pintusinga, tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Kota Banjar. Bahkan ada juga orang yang menyebutnya “Surabi Lion Door”.

Kuliner Surabi Legendaris di Bawah Flyover Pintusinga Kota Banjar

Tempat kuliner di Kota Banjar ini lokasinya berada di samping Kantor Subdenpom III 2/4, Lingkungan Pintusinga, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, tepatnya di bawah flyover.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Penjual surabi legendaris, Saepudin mengaku sudah belasan tahun berjualan di tempat tersebut. Sampai saat ini ia masih konsisten berjualan.

“Alhamdulillah, saya berjualan sorabi sudah belasan tahun, dari tahun 2007 sampai sekarang,” kata Saepudin, Minggu (7/1/2024).

Setiap hari Saepudin bersama istrinya berjualan mulai dari pukul 17.00 sampai 01.00 WIB. Ada beberapa macam surabi yang ia jual. Mulai dari surabi polos, surabi toping oncom, sampai surabi toping telur. Selain itu, ada juga aneka gorengan sebagai pelengkap makan surabi, dan kopi seduh.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sedangkan mengenai harga, tentunya sangat terjangkau, mulai dari Rp 1.500 sampai dengan Rp 5.000 untuk surabi toping telur.

Dalam sekali berjualan Saepudin bisa menghabiskan tiga ember adonan, itu sama dengan 15 kilogram untuk membuat serabi.

“Karena ini bahan utamanya kan dari tepung beras. Alhamdulillah, sampai sekarang masih konsisten,” ungkapnya.

Baca Juga: Lezatnya Batagor Mang Asep di Banjar, Istimewa Pakai Tangkar dan Kikil

Pelanggan dari Berbagai Kalangan

Lebih lanjut Saepudin mengatakan, selain dari kalangan masyarakat biasa, pejabat pun seringkali mampir untuk sekadar menikmati kuliner surabi legendaris ini.

“Kalau zaman dulu sering datang ke sini pejabat seperti mantan Walikota dan Wakil Wali Kota Banjar,” kata Saepudin.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sementara itu, Elin Marlina salah seorang pembeli mengaku kalau dirinya sering jajan surabi legendaris di bawah Flyover Pintusinga Kota Banjar ini.

“Kalau lapar malam-malam biasanya saya jajan serabi di sini bareng teman. Makannya juga langsung di sini saja, sambil liat kereta api lewat,” kata Elin, karena memang lokasinya berdekatan dengan rel kereta api.

Menurut Elin, surabi legendaris buatan Saepudin ini rasanya enak, berbeda dengan surabi lainnya. Karena itulah ia selalu memilih jajan di tempatnya Saepudin. (Sandi/R3/HR-Online/Editor: Eva)